Notification

×

Iklan

Iklan

Demo China Tuntut Xi Jinping Mundur hingga Suporter Piala Dunia Rusuh

November 28, 2022 WIB Last Updated 2022-11-28T01:29:38Z


Sederet kabar meramaikan berita internasional akhir pekan, mulai dari demonstrasi pecah di China hingga suporter di Brussels rusuh usai Maroko mengalahkan Belgia di Piala Dunia.


CNNIndonesia.com merangkum berita-berita tersebut dalam Kilas Internasional.


1. Demo Covid Makin Besar di China, Warga Bawa Kertas Putih


Demonstrasi memprotes aturan lockdown pecah di berbagai kota di China, momen yang dianggap sangat langka di negara serba ketat itu.


CNN melaporkan bahwa demonstrasi pecah di hampir seluruh kota besar China, seperti Shanghai dan Beijing, pada Minggu (27/11).


Di kota-kota itu, ratusan orang turun ke jalan, menyalakan lilin sebagai tanda berduka atas kematian akibat kebakaran di Xinjiang akibat lockdown yang terlampau ketat.


Amarah warga ini memang dipicu kebakaran di salah satu blok apartemen di Xinjiang yang menewaskan 10 orang pada Kamis (24/11).


Insiden ini dianggap terjadi karena keterlambatan petugas menolong korban lantaran aturan lockdown yang terlalu ketat.


2. Kenapa PM Malaysia Anwar Ibrahim Dihormati Warga RI?


Kabar mengenai kemenangan Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri Malaysia juga masih diperbincangkan. CNNIndonesia.com pun bertanya kepada seorang pengamat alasan Anwar begitu dihormati di Indonesia.


Pengamat hubungan internasional dari Universitas Sultan Zainal Abidin di Malaysia, Suyatno Ladiqi, menilai Anwar begitu dihormati warga RI karena sangat menghargai hubungan kedua negara.


Selain itu, Anwar juga kerap menunjukkan kekaguman tulus terhadap Indonesia. Tak hanya itu, Anwar juga menjalin hubungan pribadi yang hangat dengan sejumlah tokoh di Indonesia, termasuk mantan presiden BJ Habibie.


Lebih jauh, Suyatno mengatakan bahwa nama Anwar familier di Indonesia karena banyak politikus RI yang mendukung perjuangan panjang Anwar menyerukan reformasi di Malaysia.


"Ini disebabkan latar belakang perjuangan politik banyak didukung oleh elite politik Indonesia selama ini," katanya.


3. Suporter Rusuh di Brussel Usai Belgia Dikalahkan Maroko di Piala Dunia


Kerusuhan pecah di pusat kota Brussels usai Maroko mengalahkan Belgia dengan skor 2-0 di Piala Dunia 2022 pada Minggu (27/11).


Berdasarkan keterangan juru bicara kepolisian Brussels, Ilse Van de Keere, puluhan orang membakar tangga dan melempari mobil dengan batu.


Associated Press melaporkan bahwa kepolisian sampai mengerahkan meriam air dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. Sebagian area kota juga ditutup demi menjaga ketertiban.[SB]

×
Berita Terbaru Update