Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Email Intelijen Rusia Bocor, Ungkap Putin Sakit Kanker-Parkinson

November 03, 2022 Last Updated 2022-11-03T03:19:24Z


Sejumlah dokumen Kremlin diduga bocor dan mengungkap Presiden Rusia Vladimir Putin tengah berjuang menghadapi penyakit kanker pankreas dan parkinson.


Putin terus menjadi buah bibir di kalangan politikus oposisi di Rusia karena kesehatannya yang terus memburuk selama beberapa tahun terakhir. Putin juga rutin terlihat kerap berkedut dan sedikit goyah ketika tampil di depan publik.


Saat ini, Putin juga disebut terus didampingi tim dokter kepresidenan.

Spekulasi kondisi kesehatannya ini kian menguat setelah sejumlah surat elektronik sumber intelijen Rusia bocor dan mengungkapkan bahwa Putin menderita Parkinson stadium awal dan kanker pankreas.


"Saya dapat mengonfirmasi bahwa dia telah didiagnosis penyakit Parkinson stadium awal, tetapi ini semakin berkembang. Fakta ini akan disangkal dengan segala cara dan disembunyikan," kata email dari orang dalam intelijen Rusia itu seperti dikutip Sky News.

Surel itu juga menuturkan Putin telah secara rutin menerima pengobatan segala jenis steroid berat hingga suntikan penghilang rasa sakit demi menghentikan penyebaran kanker pankreas yang baru-baru ini terdeteksi pada tubuh presiden 70 tahun itu.


Surel itu mengklaim kanker pankreas telah menyebar ke bagian lain dari tubuh Putin. Saluran telegram General SVR juga melaporkan kondisi kesehatan Putin yang memburuk.

Pekan lalu, saluran tersebut melaporkan kolega dan kerabat Putin khawatir soal "batuk, mual terus-terusan, dan nafsu makan yang berkurang" setelah menjalani pemeriksaan medis yang dirahasiakan.

Dikatakan lingkaran dalam Presiden khawatir bahwa "batuk kurus dan terus-menerus" akan terlihat oleh elit Rusia sebagai "tanda kesehatan pemimpin yang memburuk dengan cepat".

Kesehatan Putin kembali menjadi sorotan bulan lalu setelah sebuah laporan mengklaim pemimpin Rusia mengeluh sakit sebelum menghadiri pertemuan soal invasi Rusia ke Ukraina.

Gambar menunjukkan Presiden Putin mencondongkan tubuh ke depan dan gelisah dengan tangannya selama pertemuan dengan pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko.

Pada bulan Mei, muncul gambar pemimpin Rusia yang menggigil di Parade Hari Kemenangan Rusia saat selimut tebal menutupi kakinya.

Sebelumnya pada hari itu, Presiden tampak terpincang-pincang saat berjalan untuk meletakkan karangan bunga di Makam Prajurit Tak Dikenal.

Dalam video yang muncul kembali yang diambil pada 18 Februari, Putin juga terekam menggoyangkan tangannya secara tak terkendali sebelum menyambut Lukashenko di Kremlin.

Foto-foto tangan Putin menghitam juga sempat muncul di tengah laporan intelijen Amerika Serikat yang mengklaim dia mungkin menderita kanker stadium lanjut beberapa bulan lalu.

Pensiunan perwira tentara Inggris dan anggota House of Lords, Richard Danatt, mengatakan kesehatan Putin mungkin tak dalam kondisi baik.

"Tangannya terlihat sangat hitam di bagian atas, yang merupakan tanda suntikan masuk saat bagian lain dari tubuh tak bisa disuntik," demikian kata Danatt seperti dikutip News 18, Rabu (2/11). [SB]
×