Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hasto PDIP Kritik Acara Relawan Jokowi: Menjanjikan yang Tidak Sehat

November 27, 2022 Last Updated 2022-11-27T10:08:50Z


Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengkritik acara yang digagas relawan Jokowi bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menurut dia, ada yang tidak sehat dalam acara deklarasi para relawan Jokowi tersebut.


"Apa yang terjadi dengan acara Nusantara Bersatu, menjadi pelajaran politik yang sangat penting. Terlebih di dalam cara mobilisasi tersebut sampai dilakukan cara-cara menjanjikan sesuatu yang tidak sehat," kata Hasto lewat siaran pers, Minggu (27/11).


Hasto tidak merinci apa yang menurutnya tidak sehat dari gelagat relawan Jokowi. Dia hanya mengatakan bahwa petinggi kelompok relawan Jokowi punya tujuan yang buruk.


"Sepertinya elite relawan tersebut mau mengambil segalanya. Jika tidak dipenuhi keinginannya mereka mengancam akan membubarkan diri, tetapi jika dipenuhi elite tersebut melakukan banyak manipulasi," kata Hasto.


Hasto, atas nama PDIP, mengimbau kepada orang-orang dekat Presiden Jokowi untuk tidak menurunkan citra kadernya itu.


Hasto mengatakan bahwa Jokowi memiliki banyak pencapaian selama menjadi presiden. Jangan sampai ada kelompok yang merusak citra Jokowi dengan manuver-manuver politik.


"PDI Perjuangan menghimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya prestasi sudah on the track," kata Hasto.


"Bahkan prestasi Pak Jokowi itu untuk bangsa Indonesia dan dunia, bukan untuk kelompok kecil yang terus melakukan manuver kekuasaan," tambahnya.


Deklarasi Manut Jokowi

Dalam acara Nusantara Bersatu yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu kemarin (26/11), relawan mengucapkan deklarasi di hadapan Jokowi.


Relawan yang mengklaim berada dalam Gerakan Nusantara Bersatu berkomitmen membentuk barisan kuat bersama Presiden Jokowi mengawal Indonesia Emas 2045.


"2024 Manut Jokowi, 2024 manut Jokowi, 2024 manut Jokowi," kata perwakilan relawan saat membacakan deklarasi.


Ada enam poin yang mereka deklarasikan. Pertama, relawan bersama Jokowi memastikan pembangunan SDM tidak berhenti. Kedua, bertekad melanjutkan pemerataan pembangunan.


Ketiga, menjaga Indonesia tetap tangguh usai pandemi Covid-19. Keempat, relawan bersama Jokowi mendorong potensi anak muda negeri menjadi penopang kemajuan bangsa.


Kelima, relawan bersama Jokowi akan turut memperkuat posisi Indonesia di mata dunia setelah KTT G20 berhasil terlaksana.


Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyebutkan kriteria yang patut didukung oleh para relawannya di Pilpres 2024. Dia mengatakan pemimpin yang patut didukung adalah tokoh yang mau melanjutkan pembangunan.


Selain itu, kata Jokowi, sosok pemimpin juga harus tahu kebutuhan rakyatnya dan selalu memikirkan nasib masyarakat.[SB]

×