Notification

×

Iklan

Iklan

Jaksa Putar Rekaman CCTV Saat Senapan Ferdy Sambo Jatuh

November 29, 2022 WIB Last Updated 2022-11-29T09:58:24Z


Jaksa penuntut umum memutarkan rekaman CCTV di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Selasa (29/11/2022).


Rekaman CCTV yang diputar di pengadilan merupakan peristiwa tanggal 8 Juli 2022 sebelum Yosua ditembak. Dalam video tersebut, terlihat Ferdy Sambo tiba di rumah dinas dan dia turun dari mobil berwarna hitam.


Jika merujuk pada dakwaan jaksa, senapan Ferdy Sambo sempat jatuh ketika dia turun dari mobil. Dalam rekaman yang diputar, peristiwa itu tidak terlihat karena tertutup mobil Sambo.


Di sana terlihat pula mantan ajudan Ferdy Sambo, Adzan Romer, berlari menuju mobil.


Ferdy Sambo bergegas menuju rumah dinas. Beberapa menit kemudian, Adzan Romer yang tiba-tiba berlari diikuti oleh asisten rumah tangga Diryanto alias Kodir.


Senjata jenis HS


Pada persidangan Selasa (22/11/2022), lalu, Romer yang hadir sebagai saksi menyebut bahwa senjata yang jatuh dari saku celana Ferdy Sambo merupakan jenis HS.


"Apakah HS ini yang saudara lihat jatuh dari mobil pada waktu terdakwa turun di rumah Jalan Duren Tiga," kata hakim.


"Saya tidak tahu persis senjata HS yang itu atau bukan (yang jadi barang bukti saat sidang). Tapi saya tahu persis itu senjata HS yang mulia (yang jatuh)," kata Romer.


Tim kuasa hukum Ferdy Sambo memastikan kebenaran itu kepada Romer. Dalam jawabannya, Romer yakin senjata yang jatuh adalah jenis HS.


"Senjata HS, apakah senjata itu yang saudara lihat?" tanya kuasa hukum Sambo.


"Saya nggak tahu pak, tapi saya pastikan yang jatuh itu HS," kata Romer.


"Darimana saudara bisa memastikan bahwa senjata itu HS. Sedangkan yang tadi saudara diperlihatkan majelis ketua majelis saudara tidak tahu," kata kuasa hukum Ferdy Sambo.


"Saya tidak tahu pak karena saya tidak tahu nomornya pak. Tapi kalau senjata yang jatuh, saya bisa bedakan, mana HS mana bukan," kata Romer.


Terhadap keterangan itu, kuasa hukum Ferdy Sambo akan membuktikan soal senjata yang jatuh dari tangan kliennya. Sebab, jika merujuk pada keterangan sebelumnya, Sambo mengaku jika senjata yang jatuh adalah miliknya bermerek Wilson Combat.


"Yang mulia, ini sangat penting buat kita dari mohon nanti kami akan membawa CCTV. Yang nanti diperlihatkan yang mulia jadi pada saat penyidikan itu kita minta dilakukan untuk dikonfirmasi apa yang disampaikan oleh saudara Romer ini," kata kuasa hukum Ferdy Sambo.


"Baik nanti JPU akan menghadirkan bersama ahli, begitu ya," kata hakim.[SB]

×
Berita Terbaru Update