Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jokowi Sebut 2024 Jatah Prabowo, Sekjen PDIP: untuk Jadi Presiden Rakyat yang Menentukan

November 10, 2022 Last Updated 2022-11-10T04:12:20Z


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal Pemilihan Presiden 2024 saat hadir dalam HUT ke-8 Partai Perindro di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, (7/11/2022). Jokowi bahkan menyebut Pilpres mendatang adalah jatah Prabowo Subianto.


Menanggapi hal tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang juga hadir di acara tersebut, menilai pernyataan Jokowi itu hanya sebuah pujian agar suasana politik menjadi gembira.


“Saya berada di dalam sehingga saya tahu suasana kebatinan yang ada, itu kan namanya HUT Perindo, HUT Partai kan dalam suasana kegembiraan, dan kemudian Pak Jokowi menaungi dan tentunya parpol untuk saling memuji, saling membangun harapan dalam kontestasi menuju Pilpres 2024,” kata Hasto pada wartawan, Rabu (9/11/2022).


Hasto menyebut pernyataan Jokowi itu bukan suatu dukungan terhadap pencalonan Prabowo tapi hanya pujian. Apalagi, ia mengingatkan yang bisa mendukung seseorang menjadi capres ialah rakyat bukan presiden.


“Jadi itu sebagai bagian dari upaya untuk saling memuji, itu yang dilakukan Pak Jokowi tapi semua kita tahu bahwa untuk menjadi presiden itu rakyat yang menentukan,” kata dia.


“Capres-cawapres yang mendukung kan rakyat melalui dukungan 50 persen plus 1 dan harus tersebar di 20 provinsi,” pungks Hasto.


Bukan Dukungan


Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menilai, pernyataan Jokowi yang menyebut Pilpres 2024 sebagai jatah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, bukan merupakan sebuah dukungan melainkan harapan agar Pilpres 2024 dilakukan dengan kegembiraan.


"Pak Jokowi kan selalu bilang politik dengan kegembiraan dan membuat senang orang-orang di sekitarnya dan siapapun calon presiden yang akan maju di kontestasi Pilpres 2024 yang akan datang," kata Basarah menjawab wartawan di sela-sela acara 'Bandung-Belgrade-Havana in Global History and Perspective' di Hotel Savoy Homann Bandung, Selasa 8 November 2022.


Dia mengaku pihaknya tak khawatir soal pernyataan Presiden Jokowi kepada Prabowo tersebut.


Pasalnya, kata Basarah, Jokowi juga kerap mengungkapkan pujian kepada pihak lain, termasuk kepada partai pimpinan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu. Bahkan, ia mengatakan, justru pujian itu lebih banyak disampaikan Jokowi untuk PDIP.


"PDI Perjuangan juga sering dipuji oleh Pak Jokowi, ya, baik yang dipuji dalam forum terbuka maupun forum tertutup, dan menurut saya Pak Jokowi lebih banyak memuji PDI Perjuangan dalam beberapa kesempatan," ucapnya.

Jokowi Sebut Prabowo Jatah Selanjutnya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung soal Pemilihan Presiden 2024 saat hadir dalam HUT ke-8 Partai Perindro di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 7 Nivember 2022.


Jokowi memprediksi Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan menjadi Presiden.


“Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo,” ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan para peserta hadir.


Mendengar ucapan Presiden, Prabowo yang juga hadir dalam acara tersebut lalu berdiri dan memberikan hormat pada presiden.[SB]

×