Notification

×

Iklan

Iklan

'Raja Tega' Rizal Ramli Sebut Jokowi Lebih Canggih Lakukan Transaksi Politik Ketimbang Soeharto

November 30, 2022 WIB Last Updated 2022-11-30T02:55:50Z


Ekonom senior sekaligus mantan menteri Rizal Ramli menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo memiliki keahlian transaksi politik yang luar biasa.


Bahkan Rizal Ramli menyebutkan Jokowi lebih ahli ketimbang Presiden Kedua Soeharto. Hal ini dinyatakan Rizal Ramli dalam perbincanga di Total Politik. 


Menurut Rizal Ramli, keberanian Jokowi di berbagai elit yang cawe-cawe ke partai lain disebut karena Jokowi raja tega yang pandai melakukan transaksi. 


"Jokowi Raja tega, tegaan lah dan ngerti banget orang gampang disogok dengan jabatan dengan uang, jadi transaksi ini dia lebih canggih dari Pak Harto," kata Rizal Ramli. 


"Pak Harto kan ginian enggak pusing yang ngurusin orang lain tapi dia enggak bagi-bagi transaksi, baik buat rakyat yang sangat susah kasih duit 100 ribu senang maupun yang elitnya juga dikasih apa," imbuhnya. 


Lebih lanjut Rizal Ramli menyebutkan bahwa belakangam orang-orang sudah tidak ideologis dan lebih ke pragmatis. Hal ini yang menurut Rizal Ramli membuat para elit dan organisasi anak muda sering kali disusupi uang atau jabataan. 


"Ini merusak anak muda, aku sih lebih senang anak muda ditangkapin masuk penjara, baca buku terus karakternya teruji," ungkap Rizal Ramli. 


"Daripada dikasih duit gede, ini yang dirusak jiwa rohnya, ini merusak anak-anak muda kita. The art of bagi-bagi grace ini Jokowi memang canggih banget lah dibandingin dengan Soeharto," imbuhnya. 


Rizal Ramli sendiri pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman di periode pertama Presiden Jokowi. 


Dia juga pernah menjadi Kepala Bulog, Menko Bidang Perekonomian, dan Menteri Keuangan di era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. [SB]

×
Berita Terbaru Update