Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sedang Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Puluhan Wanita di Nigeria Diculik

November 25, 2022 Last Updated 2022-11-25T01:48:00Z


Sedikitnya 60 orang warga di komunitas terpencil di negara bagian Zamfara barat laut, Nigeria diculik sekelompok orang bersenjata pada Kamis (24/11) waktu setempat.


Laporan menyebutkan bahwa mereka yang diculik sebagian besar adalah para wanita yang sedang merayakan maulid Nabi Muhammad SAW.


Dua warga mengatakan pria bersenjata dengan sepeda mor tiba di komunitas Magami Tandu di wilayah pemerintah daerah Kaura Namoda pada Rabu malam dan menembak secara sporadis.


Mereka menculik sebagian besar wanita yang sedang merayakan Maulid, perayaan yang biasanya dilakukan masyarakat Nigeria antara September hingga November.

“Setiap hari ada pembunuhan atau penculikan yang membuat kami kehilangan tempat tinggal. Tolong (beri tahu) pemerintah untuk bertindak dan memberikan keadilan kepada kami,” kata Abdulkarim Haruna, yang istrinya diculik, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/11).


Penduduk juga mengatakan 19 orang tewas pada hari Selasa ketika orang-orang bersenjata menyerang komunitas Ryuji di daerah pemerintah daerah Zurmi Zamfara, yang berdekatan dengan Kaura Namoda.


Geng-geng bersenjata tersebar luas di barat laut negara itu di mana mereka merampok atau menculik untuk mendapatkan uang tebusan. Kekerasan semakin meningkat karena pasukan keamanan sering gagal menghentikan serangan.


Hal itu kemudian menimbulkan kekhawatiran tentang apakah penduduk di wilayah tersebut akan dapat memberikan suara dalam pemilihan presiden Februari untuk memilih pengganti Presiden Muhammadu Buhari, yang secara konstitusional dilarang mencalonkan diri lagi. [SB]

×