Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Siapkan 3 Hal Ini Supaya Bisa Menonton SIaran TV DIgital

November 09, 2022 Last Updated 2022-11-09T13:04:07Z


Setelah siaran TV analog dimatikan di Jabodetabek, pemerintah akan melaksanakan analog switch off (ASO) di wilayah lain di seluruh Indonesia secara bertahap. Supaya nanti tidak tergesa-gesar pindah ke TV digital, penduduk di luar Jabodetabek bisa mempersiapkannya dari sekarang.


Sudah ada sekitar 230 kabupaten/kota yang telah menerima pancaran siaran televisi digital.


Oleh karena itu, siaran TV digital sebetulnya tidak hanya bisa dinikmati oleh warga Jabodetabek. Penduduk di daerah lain bisa mulai menyaksikan siaran digital meskipun siaran analog di wilayahnya masih memancar.


Masyarakat perlu mempersiapkan beberapa hal untuk bisa menikmati siaran televisi digital. Persiapan itu mulai dari perangkat yang bisa menerima siaran digital. Berikut beberapa perangkat yang perlu kamu siapkan, dirangkum dari Detik.com, Rabu (2/11/2022):


1. Pesawat televisi digital

Untuk menonton siaran digital, pesawat televisi yang digunakan harus dilengkapi teknologi digital. Pastikan terlebih dulu perangkat telah mendukung DVB-T2 atau Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial.


Kamu bisa mengecek lebih dulu apakah TV di rumah sudah menggunakan DVB-T2 atau belum, berikut caranya:


Terlebih dulu periksa kardus kemasan apakah terdapat tanda DVB-T2.

Buka juga buku petunjuk penggunaan, lihat pada bagian spesifikasi apakah ada dukungan untuk DVB-T2.


Terakhir kamu bisa membuka settingan pada TV. Berikutnya lakukan pemindaian channel, jika ada opsi DTV artinya TV kamu dapat menangkap siaran digital.


2. Set top box (STB)

Jika kamu punya TV analog dan tidak ada rencana membeli TV baru, bisa juga menggunakan STB. Perangkat STB sudah bisa ditemukan baik di toko offline maupun online dengan harga yang beragam.


STB merupakan perangkat yang bisa mengkonversi sinyal digital jadi gambar serta suara dan ditampilkan pada layar TV yang belum mendukung DVB-T2.


Kamu dapat mengecek perangkat STB resmi dan tersertifikasi pada laman Siaran Digital. Khusus bagi masyarakat miskin, pemerintah beserta penyelenggara multipleksing membagikan STB secara gratis.


3. Antena

Sejumlah penjual toko elektronik berjaga menunggu pembeli di Kawasan Glodok, Jakarta, Selasa, 1/11.  

Terakhir kamu tetap memerlukan antena untuk menangkap siaran digital, ada pilihan untuk indoor dan outdoor. Opsi mana yang harus dipilih tergantung pada kuatnya sinyal TV digital di tempat tinggal.


Semakin kuat sinyalnya bisa menggunakan indoor, sebaliknya gunakan antena outdoor yang dilengkapi booster jika sinyal lemah.


Kamu bisa mengecek kualitas sinyal TV digital menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia baik untuk perangkat Android maupun iPhone. Di dalamnya wilayah akan diberikan warna bergantung pada kekuatan sinyal, paling kuat berwarna Oranye hingga Merah berkekuatan lebih dari 56 dBUV/m.


Hubungkan antena ke TV yang telah memiliki DVB-T2 atau melalui STB yang terhubung ke TV. Lakukan scan channel untuk mencari channel TV.[SB]

×