Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Surya Paloh: Calonkan Anies Bukan Berarti Hubungan ke Jokowi Retak

November 11, 2022 Last Updated 2022-11-11T10:27:00Z


Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh buka suara soal isu keretakan hubungannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.


Paloh mengaku selama ini Jokowi adalah sahabat yang ia harapkan dan tetap menjadi presiden Partai NasDem. Terlebih, ia mengaku selalu berada dalam kondisi suka duka yang dialami Jokowi.


"NasDem ingin tekankan ini, dia ingin tetap jadi seorang sahabat sejati dalam suka duka seorang Presiden Jokowi," kata Paloh dalam sambutan di Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai NasDem di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (11/11).


Lebih jauh, Paloh menyebut selama ini dirinya konsisten dalam menjaga makna persahabatan. Baginya, arti persahabatan adalah menerima segala kekurangan dan kelebihan sahabat.


Untuk itu, ia menegaskan NasDem berada dalam koalisi pemerintahan Jokowi. Menurut Paloh, segala upaya untuk merusak hubungan NasDem dengan Jokowi bisa diduga merupakan kesengajaan yang sistematis.


"Jadi kalau ada yang coba usik, frame kita, Jokowi emoh pada Nasdem, itulah frame yang [ingin] dilakukan Jokowi itu tak suka Nasdem. Itu pasti menurut saya upaya-upaya yang dilakukan secara sistemik dan sengaja untuk merusak hubungan yang sudah terjaga sedemikian rupa," tuturnya.


Ia meyakinkan bahwa NasDem menjadi pihak terdepan dalam memberikan dukungan untuk berjalannya roda administrasi pemerintahan Presiden Jokowi. Namun, menurutnya, partai yang eksis bukan hanya sekadar partai yang berada dalam koalisi pemerintahan.


"Ini perlu saya tegaskan, bukan berarti karena kita calonkan Bung Anies Baswedan hubungan kita harus retak, hubungan kita harus berpisah," jelas Paloh.


"Ini yang diperlukan negara ini hari ini adalah bagaimana spirit kita untuk kembangkan spirit rasa kebersamaan dengan seluruh potensi yang ada di negeri ini. Partai politik yang ada dan eksis itu bukan hanya harus kerjasama dengan partai koalisi pemerintahan," tegasnya.[SB]

×