Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jemaah Reuni Aksi 212 Mulai Berdatangan dan Berkumpul di Masjid At-Tiin, Ini Agendanya

Desember 02, 2022 Last Updated 2022-12-02T07:20:09Z


Para peserta Reuni Aksi 212 mulai berdatangan ke Masjid Agung At-Tiin, TMII, Jakarta Timur, Jumat (2/11/2022), pukul 00:00 WIB.


Acara Reuni Aksi 212 kali ini mengusung tema "Munajat Akbar dan Indonesia Bersholawat untuk Keselamatan NKRI".  


Berdasarkan agenda yang tersebar acara Reuni Aksi 212 ini akan dimulai pada pukul 03.00 WIB.


Acara dimulai dengan salat Tahajud bersama dan muhasabah. Dilanjutkan dengan acara salat Subuh berjamaah dan zikir pagi pada pukul 04.00 WIB.


Setelah salat Subuh berjamaah agenda dilanjutkan dengan acara inti Munajat Akbar dan Indonesia bersholawat diselingi penggalangan dana untuk gempa Cianjur pada pukul 05.00 hingga 07.30 WIB.


Terakhir acara Reuni Aksi 212 dengan tausiah Agama pada 07.30 hingga doa penutupan di akhir acara.


Di akhir acara jamaah dipersilahkan solat Dhuha masing-masing serta meninggalkan tempat dengan tertib. Panitia Reuni Aksi 212 Telah Penuhi Segala Perizinan 


Polda Metro Jaya memastikan Telah menerima surat pemberitahuan digelarnya Reuni Aksi 212 di Masjid Agung At-Tin kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.  


Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan.  


"Memang telah terima pemberitahuan dari panitia Reuni Aksi 212 untuk adakan acara mereka namakan itu Istigasah Kubro dan Indonesia Bersalawat. Tempatnya itu di Masjid Agung At-Tin di Taman Mini," kata Zulpan, Jakarta, Kamis (1/12/2022).


Zulpan mengatakan pihak panitia telah melengkapi segala persyaratan dan izin dalam Reuni Aksi 212. 


Menurutnya izin yang telah dilengkapi itu mulai dari izin Kementerian Agama hinga Satuan Tugas Covid-19.  


"Polda Metro Jaya setelah dapat pemberitahuan juga meminta kepada panitia untuk melengkapi prosedur dalam rangka penerbitan izin kegiatan di antaranya dari instansi terkait dari Kementerian Agama, dari Satgas COVID kemudian penanggung jawab acara dan ini kan sudah dipenuhi," kata Zulpan.  


"Estimasi jemaah yang disampaikan dalam pemberitahuan itu 10 ribu. Tetapi ini kegiatannya adalah Istigasah Kubro dan Indonesia Bersalawat. Jadi kegiatan keagamaan yang mereka sampaikan," sambungnya.  


Diberitakan sebelumnya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 bakal kembali Reuni Aksi 212 yang terjadwal pada Jumat (2/12/2022) di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur.  


Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Edy Surasa mengatakan pihaknya telah menyiapkan kantong parkir di kawasan sekitar Masjid Agung At-Tin.  


"Kita siapkan kantong-kantong parkir. Kantong parkir terdekat di sana bisa menampung 200 bus kemudian di pewayangan di dalam untuk roda dua bisa 1.500. Artinya itu cukup tidak berdampak di jalan-jalan pada parkir sembarangan," kata Edy kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (30/11/2022).


Selain penyediaan kantong parkir, pihak kepolisian turut serta bakal melakukan pengalihan arus lalu lintas selama Reuni Aksi 212 berlangsung. 


Edy menuturkan pihak kepolisian bakal menyiagakan 650 personel Sat Lantas dalam melancarkan arus lalu lintas di kawasan.  


Pasalnya, ratusan personel itu disiagakan mengingat Reuni Aksi 212 sejak pukul 3 pagi di Masjid Agung At-Tin.  


"Kita nanti buat 2 shift. Nanti kegiatan kan jam 3 pagi maka tahap pertama akan ada apel pertama jam 9/10 malam apel antisipasi massa yang datang dari sore hari. Lalu acaranya kan diprediksi sampai salat Jumat selesai. Jadi nanti ada dua gelombang (pengamanan) biar kita fit," katanya. 


Edy menjelaskan pengalihan arus lalu lintas itu bakal lebih difokuskan di kawasan Masjid Agung At-Tin.  


Salah satu rekayasa lalu lintas yang akal dilakukan yakni di Jalan Kramat Jati menuju ke Pondok Gede. Kendaraan dilurus ke pintu satu.  


Selain itu, dari Jalan Bambu Apus mengarah ke Garuda atau Masjid Agung At-Tin diputarkan ke arah Kampung Rambutan. 


"Jangan sampai masyarakat ganggu komplain dengan acara ini. Ketika ternyata di luar dugaan, tentunya kita coba buka tutup alias alih arus juga. Artinya itu kendaraan umum itu kan alur masuknya dari Jalan Garuda semua, kalau di sepanjang Garuda, Taman Mini Square termasuk di Masjid Agung At-Tin padat tentunya akan kami alihkan. Itu alih arus ketika di depan Atin kita asumsikan tidak bergerak," ungkapnya.  


Sementara itu, Edy memprediksi Reuni Aksi 212 bakal diikuti oleh 3.000 massa dari Persaudaraan Alumni 212.[SB]

×