Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Kali Mega Ungkit Peran PDIP untuk Jokowi

Januari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-01-12T04:15:24Z


Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkit peran PDIP bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mega menyebut PDIP yang memberi Jokowi legal formal untuk maju menjadi presiden.


Hal itu disampaikan Megawati dalam acara peringatan HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023). Megawati mulanya menyinggung soal program stunting yang diinisiasi PDIP.


"PDI Perjuangan menggalakkan program stunting loh Pak, mbok saya dikasih bintang toh yo," kata Megawati sambil tersenyum.


Megawati lalu menyinggung soal Jokowi dan dukungan PDIP. Megawati mengatakan PDIP mengawal Jokowi secara legal formal.


"Pak Jokowi itu ya ngono loh, mentang-mentang. Lah iya padahal Pak Jokowi kalau nggak ada PDI Perjuangan juga duh kasihan dah," kata Megawati,


"Loh legal formal loh, beliau jadi presiden tuh nggak ada... kan ini.. legal formal diikuti terus sama saya, aturannya, aturan mainnya," sambung Megawati.


Megawati juga menceritakan saat dirinya mengusulkan Ma'ruf Amin menjadi pendamping Jokowi di periode kedua. Megawati mengatakan dulunya Ma'ruf Amin sama-sama berada di BPIP.


Mengenalkan Jokowi ke Publik

Selain itu, Megawati juga mengungkit dulu banyak orang yang tidak mengenal Jokowi. Megawati selaku Ketum PDIP pun mulai mengumumkan sosok Jokowi.


"Loh dulu kan saya suka mikir gini loh Pak Jokowi, opo toh ko saiki bingunge koyo pie ngono. Yah dulu maaf yah beribu maaf, siapa sih yang tahu Pak Jokowi? Loh iya lah, ketika pada mulai nanya ibu mau nyalonin siapa, ya entar aja gitu. Makanya kan nggak di pesta, nggak di gini, di rumah saya saja, saya umumkan gitu loh," ujar Megawati.


Megawati juga meminta seluruh kader PDIP terus bekerja keras. Dia mewanti-wanti jangan sampai kader PDIP lebih mementingkan kemeriahan dibandingkan kerja keras.


"Jadi jangan deh mbok kerja dulu, baru gegap gempitanya itu loh," imbuh Megawati.


Maksud di Balik Pernyataan Megawati

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan maksud Megawati menyampaikan hal tersebut. Hasto menyebut Megawati menyampaikan hal itu dalam forum kangen-kangenan antara kader PDIP.


Selain itu, dia menilai Megawati juga ingin menunjukkan bahwa dirinya selalu membela Jokowi dari kritik.


"Ini kan forum kangen-kangenan, ibu ini digerakkan oleh mata hati, sehingga waktu melihat Pak Jokowi dikritik, kan langsung Ibu Mega membela," tutur Hasto.


Tak cuma Megawati, Hasto menyebut seluruh kader PDIP juga akan pasang badan membela Jokowi ketika ada kritik. Dia menyebut inilah hubungan yang terjalin antara kader PDIP dengan Jokowi.


"Semua kader langsung membela karena bounded tadi antara pemimpin dan rakyatnya, dan anggotanya," ucap dia.


Selain itu, Hasto melihat Megawati sebetulnya hendak menyampaikan bahwa dirinya akan selalu memberikan dukungan kepada Jokowi. Dia beralasan hubungan keduanya memang sudah sedalam itu.


"Ibu Mega dengan mengatakan itu akan terus memberikan dukungan bagi Pak Jokowi, bahkan hubungan dengan Pak Jokowi ini kan hubungan yang sudah sangat dalam, terlebih Pak Jokowi dalam berbagai kebijakannya melanjutkan apa yang dilakukan Bung Karno dan Ibu Megawati," ujar dia.[SB]

×
Berita Terbaru Update