Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Justin Trudeau Beri Restu AS Tembak Jatuh Benda Asing di Langit Alaska

Februari 11, 2023 Last Updated 2023-02-11T06:49:38Z


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau setuju Amerika Serikat menembak jatuh benda asing yang terbang di atas Alaska, dekat perbatasan Kanada, pada Jumat (10/2).

Melalui cuitannya di Twitter, Trudeau mengaku mendukung keputusan AS. 


"Sore ini, sebuah objek yang melanggar wilayah udara Amerika dijatuhkan. Saya diberi arahan tentang masalah ini dan mendukung keputusan (AS) untuk mengambil tindakan tersebut," kata Trudeau seperti dikutip CNN.


"Layanan militer dan intelijen kami akan selalu bekerja sama, termasuk melalui @NORADCommand, demi menjaga keamanan warga."


Benda asing itu sebelumnya dilaporkan terbang setinggi 40 ribu kaki di wilayah udara Alaska. AS lalu menembak jatuh objek tersebut pada Jumat (10/2) usai diperintahkan oleh Presiden AS Joe Biden.


Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk komunikasi strategis, John Kirby, mengatakan objek itu pertama kali terdeteksi oleh pemerintah AS pada Kamis malam. Objek ditembak jatuh karena "mengancam lalu lintas udara sipil."


Dia mengatakan AS sudah memastikan bahwa "objek" itu tak berawak sebelum akhirnya menembak jatuh.


Objek itu ditembak jatuh oleh jet tempur F-22 dari Pangkalan Angkatan Udara Elmendorf di Alaska, menurut Sekretaris Pers Pentagon, Brigjen Pat Ryder.


"Dalam kasus khusus ini, mengingat fakta bahwa objek itu beroperasi pada ketinggian yang mengancam lalu lintas udara sipil, presiden memberikan perintah untuk ditembak jatuh," kata Ryder.


Meski begitu, Ryder menegaskan hingga kini belum diketahui dari mana objek itu berasal.


"Saat ini tidak ada indikasi bahwa objek bisa bermanuver, namun sekali lagi kami akan mengetahui lebih lanjut (ke depan)," ucapnya.[SB]
×