Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wikipedia Diblokir di Pakistan, Akibat Urusan Moral dan Agama?

Februari 07, 2023 Last Updated 2023-02-07T01:09:06Z


Pakistan memblokir Wikipedia dari ruang digitalnya. Pakar mengungkap itu mungkin terkait penistaan agama hingga masalah keamanan.


Pemblokiran ini muncul setelah pemerintah Pakistan memerintahkan Wikipedia untuk menghapus konten yang menyinggung. Dikarenakan tidak mematuhi permintaan tersebut, otoritas telekomunikasi Pakistan (PTA) memblokir layanan Wikipedia.


"Mengingat kegagalan yang disengaja pada bagian platform untuk mematuhi arahan PTA, layanan Wikipedia telah diturunkan selama 48 jam dengan arahan untuk memblokir/menghapus konten yang dilaporkan," tulis PTA di Twitter, Rabu (1/2).

 

Saat ini tidak jelas konten apa yang diminta untuk dihapus oleh Wikipedia.

 

Namun, menurut menurut penelitian lembaga OpenNet Initiative, Pakistan memblokir sejumlah situs yang memiliki konten yang dianggapnya "menghujat, anti-Islam, atau mengancam keamanan internal."

 

"Secara umum, pemfilteran internet di Pakistan tidak konsisten dan terputus-putus, dengan pemfilteran terutama ditujukan pada konten yang dianggap mengancam keamanan nasional dan konten keagamaan yang dianggap menghujat," tulis OpenNet.

 

Dilansir The Verge, Pakistan memblokir beberapa situs populer di masa lalu serta melarang YouTube selama tiga tahun.

 

Pada 2020 dan 2021, negara tersebut juga melakukan hal yang sama ke TikTok dengan dalih keluhan tentang "konten tidak bermoral atau tidak senonoh" yang beredar di aplikasi asal negeri tirai bambu tersebut.

 

Lebih lanjut, Wikipedia sebetulnya tidak asing dengan penyensoran dan reaksi dari negara-negara lain. Beberapa negara seperti Rusia, Turki, China, dan Myanmar bahkan telah memblokir artikel dan konten tertentu di platform tersebut.

Wikipedia adalah ensiklopedia daring gratis multibahasa yang ditulis dan dikelola oleh komunitas sukarelawan, yang dikenal sebagai Wikipediawan, melalui kolaborasi terbuka dan menggunakan sistem penyuntingan berbasis wiki.[sb]

×