Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

7 Insiden Pertamina Sebelum Depo Plumpang, Pipa Meledak dan Gas Bocor

Maret 04, 2023 Last Updated 2023-03-04T07:41:23Z

 


Kebakaran hebat melanda depo Pertamina di wilayah Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3). Kebakaran depo Pertamina Plumpang, Koja, terjadi sekitar pukul 20.20 WIB.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengatakan, objek kebakaran tersebut adalah pipa bensin.

 

Berdasarkan kesaksian warga, tercium aroma bensin yang menyengat sebelum kebakaran terjadi.

 

Hingga saat ini, sebanyak 17 orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut. Sementara 50 lainnya dilaporkan mengalami luka-luka dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.

 

Sebanyak 579 warga juga harus mengungsi akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang tersebut. Sementara itu, sebanyak 8 orang dilaporkan hilang usai kebakaran.

 

Sebelumnya terbakarnya Depo Plumpang, sejumlah insiden pernah terjadi di berbagai fasilitas Pertamina. Mengutip berbagai sumber, berikut deret insiden Pertamina dalam beberapa tahun terakhir.

 

1. Kilang Minyak Balikpapan Terbakar

Kilang milik Pertamina yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, pernah terbakar pada 15 Mei 2022 lalu. Akibatnya satu orang pekerja tewas dan lima lainnya dilarikan ke rumah sakit dalam insiden itu.

 

Kebakaran terjadi di Plant 5 Kilang Pertamina Balikpapan pada pukul 11.31 WITA. Kebakaran dipastikan tak mengganggu suplai BBM ke masyarakat.

 

2. Kilang Minyak Balongan Terbakar

Kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada 29 Maret 2021. Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasiona Ifki Sukarya saat itu menyebut hujan deras disertai petir terjadi saat kebakaran yang diperkirakan mulai pada pukul 00.45 WIB itu.

 

Setidaknya 20 orang mengalami luka akibat kebakaran tersebut. Pertamina memastikan tidak ada gangguan pasokan BBM ke masyarakat atas kejadian itu.

 

3. Kilang Minyak Cilacap Terbakar

Kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, juga pernah terbakar pada 13 November 2021 pukul 19.20 WIB. General Manager Kilang Cilacap Eko Sunarno mengatakan tangki yang terbakar berisi 31 ribu kiloliter komponen produk Pertalite.

 

Pertamina saat itu melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman. Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, dilakukan evakuasi untuk memindahkan mereka ke area yang lebih aman.

 

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kebakaran di tangki kilang minyak Pertamina Cilacap juga pernah terjadi pada pada 11 Juni 2021 pukul 19.45 WIB.

 

Menurut keterangan Area Manager Communication, Relations, & CSR Kilang Cilacap Hatim Ilwan, kebakaran menimpa salah satu tangki berisi benzena.

 

Kebakaran yang terjadi di area 39 Pertamina RU IV Cilacap ini berhasil dikendalikan kurang lebih satu jam setelah kejadian, yakni sekitar pukul 20.40 WIB.

 

4. Minyak dan Gas Bocor di Pesisir Utara

Insiden kebocoran minyak dan gas milik Pertamina terjadi pada 12 Juli 2019. Gumpalan minyak itu berasal dari kebocoran blok minyak dan gas (migas) lepas pantai Offshore North West Java (ONWJ) yang dikelola cucu usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Energi (PHE)-ONWJ. Lokasinya sekitar 7 mil (11,2 km) dari bibir pantai Cilamaya, pesisir utara Karawang, Jawa Barat, tepatnya di sumur YYA 1.

Dalam paparan kepada media pada Juli 2019 lalu, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu menjelaskan ada indikasi terjadi anomali tekanan pengeboran sumur YYA-1 sehingga gelembung gas muncul dan mengakibatkan kebocoran.

 

Setelah kejadian itu, operator menghentikan kegiatan operasi. Dua hari setelahnya atau pada 14 Juli pukul 22.40 WIB, pegawai mulai dievakuasi.

 

Hanya berselang empat hari sejak kebocoran terjadi, lapisan minyak mulai muncul di permukaan laut. Tiupan angin membuat minyak menyebar luas, mengotori delapan pantai di Karawang dan dua di Bekasi, bahkan hingga ke Pulau Seribu di Jakarta.

Pertamina sendiri telah berupaya menahan tumpahan minyak di sekitar anjungan YYA 1. Berdasarkan keterangan VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman pada awal Agustus, perusahaan menyatakan memasang oil boom atau alat yang digunakan untuk mengurung tumpahan minyak di air.

 

5. Pipa Meledak di Lokasi Kereta Cepat

Pipa milik Pertamina meledak di Cimahi, Jawa Barat pada Oktober 2019. Ledakan terjadi di lokasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

 

"Kejadiannya kan sekitar pukul 13.30, tiba-tiba terdengar ledakan kencang sekali," kata Rohati, warga Gang Melong, Kecamatan Cimahi Selatan pada 2019 lalu.

 

Akibat ledakan itu, seorang petugas operator alat berat proyek KCJB tewas di lokasi. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi menduga petugas yang tewas tersebut mengoperasikan alat berat dengan menancapkan benda keras yang mengenai pipa minyak milik Pertamina.

 

6. Depo Plumpang Terbakar

Kebakaran yang melanda Depo Plumpang juga pernah terjadi pada 18 Januari 2009 pukul 21.15 WIB. Saat itu, satu petugas keamanan Pertamina tewas akibat insiden tersebut.

 

Sejumlah media saat itu melaporkan depo Plumpang meledak di tengah isu pergantian Dirut Pertamina Ari H Soemarno oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Rumor bahwa ledakan itu akibat ulah teroris juga merebak. Sebab sebelumnya, pada 21 Oktober 2009, Densus 88 membekuk teroris di Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menargetkan depo Pertamina Plumpang.[SB]

×