Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PDIP Daftarkan Nama Beken Jadi Caleg, Ada Once hingga Marcell Siahaan

Mei 12, 2023 Last Updated 2023-05-12T02:46:51Z


PDI Perjuangan mendaftarkan sejumlah selebritas, budayawan, seniman, dan artis dari dunia hiburan Tanah Air sebagai bakal calon legislatif DPR RI pada Pemilu 2024. Mereka telah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (11/5).


Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, ada 14 orang dari dari kalangan budayawan, seniman, dan selebritas dari total 580 bacaleg yang didaftarkan PDIP.


"Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman, dan artis yang memang terbukti memiliki kompetensi sangat kuat," ujar Hasto dalam jumpa pers usai pendaftaran.


Hasto menegaskan para seniman dan selebritas tersebut melewati pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan parpol.


Nama-nama beken yang didaftarkan PDIP sebagai bacaleg di antaranya merupakan anggota DPR RI petahana, yaitu Krisdayanti, Rieke Diah Pitaloka, dan Rano Karno.


Kemudian, ada nama-nama baru seperti Once Mekel, Denny Cagur, Taufik Hidayat Udjo, dan Marcell Siahaan. Lalu, ada pula nama Tamara Geraldine dan Sari Kuswoyo.


Hasto pun mengatakan terdapat 380 bacaleg perempuan dari total 580 yang didaftarkan. Selain dari kalangan seniman dan selebritas, juga terdapat 73 orang dari kalangan akademisi dan 17 orang purnawirawan TNI-Polri.


"Mengingat partai juga melakukan kaderisasi secara sistemik, dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen," ujar Hasto.


KPU membuka pendaftaran calon anggota DPR dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota mulai 1-14 Mei 2023.


Adapun KPU telah menetapkan 18 parpol sebagai peserta Pemilu 2024. Selain itu, terdapat enam parpol lokal Aceh.


Sebanyak 18 partai politik nasional yang ikut Pemilu 2024 yaitu PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, PKN, Hanura, Partai Garuda, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.[SB]

×