Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Lewat Video Singkat, Anies Baswedan Titip Pesan Ini kepada Pendukungnya

Februari 16, 2024 Last Updated 2024-02-16T08:02:58Z


Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengatakan proses pemilihan umum atau Pemilu 2024 terdapat banyak kekurangan yang terjadi. Menurutnya, perlu ada pengawalan dari tiap tahap proses pemilu. Dia pun menitipkan pesan kepada pendukungnya.


“Perjuangan kita belum selesai. Terlepas dari segala kebaikan pemilu dan kerja keras semua pihak yang terlibat di dalamnya, ada begitu banyak kekurangan yang dirasakan secara terang benderang,” kata Anies melalui sebuah video singkat berdurasi 2 menit, pada Kamis, 15 Februari 2024.


Kawal dan laporkan kecurangan


Bekas Gubernur DKI Jakarta itu menyerukan untuk melakukan mengawal, melaporkan kecurangan, dan keanehan selama proses pemilu berjalan. Anies menyebut langkah itu dinilai sebagai upaya memperbaiki pemilu dan penguatan demokrasi.


“Laporkan segala kecurangan, keanehan dan ketidaknormalan yang ada ke Tim Hukum Nasional. Kontaknya bisa dilihat di situs https://aminajadulu.com/lapor,” kata Anies.


Hasil penghitungan suara sementara di Komisi Pemilihan Umum atau KPU pada Jumat 16 Februari 2024 pukul 07.30 WIB, suara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 25,27 persen.


Sementara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 56,87 persen, sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 17,86 persen. Data ini masih berasal dari 49,48 persen dari jumlah total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang masuk.


Hormati proses pemilu dan jaga semangat


Dalam video singkatnya itu, Anies turut meminta para pendukungnya untuk menghormati proses pemilu dan menghargai kerja demokrasi yang sedang berjalan. Dia meminta para pendukungnya untuk menjaga semangat dan optimisme gerakan perubahan.


“Jaga optimisme bahwa gerakan perubahan masih dan akan terus berjalan, dan yakin akan mencapai tujuan panjangnya. Saya pernah sampaikan bahwa optimisme itu harus terus dihidup-hidupkan,” kata Anies.


Dia menambahkan, “Mari jaga dan terus rawat nurani untuk percaya bahwa kemajuan Indonesia harus terus kita upayakan, bahkan ketika pintu perubahan itu terlihat sangat sempit. Dan saya akan mengulangi kembali apa yang saya sampaikan kemarin, saya akan tetap dan terus membersamai gerakan perubahan.”


Anies juga mengapresiasi gerakan perubahan yang dia usung telah berjalan selama 1,5 tahun sampai hari pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024.


Selama itu pula, kata Anies, gerakan perubahan dengan semangat membara menerobos segala tantangan dan melawan kekuatan yang besar.


“Menghadapi lawan dengan kekuatan yang amat besar, sungguh suatu capaian luar biasa bahwa kita telah sampai di titik ini,” kata Anies.

×