Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bos Mossad dan PM Qatar Hari Ini Bahas Gencatan Senjata di Gaza

Maret 19, 2024 Last Updated 2024-03-19T04:22:39Z


Kepala mata-mata Israel atau bos Mossad, David Barnea, Senin (18/3/2024) hari ini diperkirakan mengadakan pembicaraan di Qatar dengan PM Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani untuk membahas gencatan senjata di Gaza Palestina.


"Pertemuan antara pimpinan Mossad, PM Qatar dan utusan Mesir diperkirakan akan berlangsung hari ini," kata sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, dikutip dari AFP.


Dijelaskan bahwa pembicaraan di ibu kota Qatar tersebut adalah yang pertama setelah berminggu-minggu perundingan intens yang melibatkan mediator Qatar, AS, dan Mesir gagal.


Yakni untuk mencapai gencatan senjata antara Israel dan Hamas menjelang bulan suci Ramadhan yang seharusnya dimulai pekan lalu.


Diketahui, perang Israel-Hamas dimulai ketika Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Gaza pada 7 Oktober 2023.


Serangan Hamas menyebabkan sekitar 1.160 orang tewas di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut hitungan resmi AFP.


Kelompok Palestina tersebut juga menyandera sekitar 250 orang Israel dan warga asing selama serangan 7 Oktober, namun puluhan orang dibebaskan selama gencatan senjata seminggu pada November 2023.


Israel yakin sekitar 130 orang masih berada di Gaza, termasuk 33 tentara dan 25 warga sipil yang diperkirakan tewas.


Bersumpah untuk menghancurkan Hamas, Israel telah melakukan serangan dan pemboman tanpa henti termasuk serangan darat.


Menurut kementerian kesehatan di wilayah Palestina, serangan balasan Israel itu telah menewaskan sedikitnya 31.726 orang, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

×