Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Lebaran Bakal Serentak? BMKG Ungkap Posisi Hilal Idul Fitri

Maret 20, 2024 Last Updated 2024-03-20T03:34:46Z


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan prakiraan posisi hilal tanggal 9 April 2024. Berbeda dengan awal puasa, hasil laporan menyebutkan kemungkinan Idul Fitri 1445 H nanti bakal diselenggarakan secara serentak.


Ini terungkap dalam laporan Prakiraan Hilal saat Matahari Terbenam Tanggal 9 April Penentu Awal Bulan Syawal 1445 H dari Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG. Laporan itu berisi soal ketinggian hilal hingga elongasi pada 9 April 2024 mendatang.


Sebagai informasi baik pemerintah dan PBNU serta Muhammadiyah memiliki kriteria yang berbeda menentukan awal bulan hijriah.


Pemerintah dan PBNU menggunakan kriteria Mabims, yakni kesepakatan Menteri di empat negara Brunei Darussalam, indonesia, Malaysia, dan Singapura. Mabims menganut patokan awal hijriah adalah hilal dengan minimal tinggi 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.


Sementara Muhammadiyah menggunakan metode wujudul hilal. Yakni ketinggian hilal akan terhitung saat sudah di atas 0 derajat.


Prakiraan hilal Idul Fitri BMKG


Lalu bagaimana laporan BMKG terkait posisi hilal? Berikut rangkumannya, Rabu (20/3/2024):


Ketinggian Hilal


Ketinggian hilal sendiri diartikan sebagai besaran sudut dari proyeksi Bulan di Horizon yang teramati hingga pada posisi pusat posisi piringan Bulan. Tinggi hilal positif saat Hilal ada di atas horizon saat Matahari terbenam, dan sebaliknya negatif saat berada di bawah horizon.


Pada saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 nanti, ketinggian hilal adalah 4,88 derajat di wilayah Merauke, Papua dan 7,63 derajat untuk Sabang, Aceh.


Elongasi


Untuk Elongasi saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 di Merauke, Papua adalah 8,39 derajat. Sedangkan Sabang, Aceh, sudut Elongasi sebesar 10,22 derajat.


Elongasi merupakan jarak sudut pusat piringan Bulan dengan Matahari yang teramati dari permukaan Bumi.


Umur Bulan


Sebagai informasi, umur bulan adalah selisih saat Matahari terbenam dengan waktu konjungsi. Saat tanggal 9 April, umur bulan adalah 14,30 jam di Merauke, Papua dengan 17,43 jam Sabang, Aceh.

×