Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Antara Gunung Ruang dan Gunung Raung, Jangan Tertukar, ya

April 20, 2024 Last Updated 2024-04-20T00:45:12Z


Erupsi Gunung Ruang di Sitaro, Sulawesi Utara, masih menjadi berita utama. Visual letusan dengan muntahan material yang membara juga viral di media sosial.


Ribuan orang di dekat gunung berapi itu telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman sejauh lebih dari radius 6 km. Sebab, lontaran batu pijar dan potensi tsunami masih ada, sekecil apa pun itu.


Namun ternyata, tak sedikit netizen yang masih baru tahu bahwa Indonesia punya Gunung Ruang. Mereka lebih tahu Gunung Raung di Jawa Timur. Sekilas, nama keduanya tampak mirip.


Hal itu tercermin melalui komentar di akun Pusat Vulkanolologi Mitigasi Bencana Geologi (PMVBG) Kementerian ESDM. Ketika mereka mengumumkan erupsi Gunung Ruang pada Rabu (17/4), netizen banyak yang mengira admin PVMBG salah ketik atau tipo.


"Gunung Raung, min," cuit salah satu netizen mencoba mengkoreksi.


Karena hal itu, PVMBG pun memberikan edukasi tentang perbedaan Gunung Ruang dan Gunung Raung, Jumat (19/4). Yuk, disimak:


Gunung Ruang di Sulut


Gunung Ruang berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Tingkat aktivitas gunung ini berada di Level IV atau Awas.


Status ini diberikan setelah peningkatan aktivitas pada 17 April lalu. Gunung Ruang juga sempat erupsi besar dengan ketinggian kolom abu teramati sejauh 3 km.


Warga dilarang beraktivitas sejauh 6 km dari kawah Gunung Ruang. Aktivitas gunung ini masih belum stabil, sehingga masih terus dipantau berbagai pihak.


Gunung Ruang merupakan tipikal gunung yang melahirkan letusan eksplosif. Siklus letusannya cukup jarang, sebelum tahun 2024, letusan terakhir terjadi pada 2022.


Menurut sejarah, pada 1871, gunung ini meletus dan reruntuhan kalderanya ambruk ke laut memicu tsunami. Sekitar 400 warga tewas.


Ketinggian puncak gunung yang berupa kubah lava ini adalah 725 meter dari permukaan rata-rata laut (sebelum letusan 2024).


Gunung Raung di Jatim


Gunung Raung berada di antara 3 kota di Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.


Status Gunung Raung kini berada di level II (Waspada). Masyarakat, pengunjung, maupun wisatawan, dilarang mendekat ke radius 3 km dari kawah.


Gunung Raung meletus kali pertama pada 1586 hingga menelan korban jiwa dan kerusakan. Setelah itu, gunung api ini cukup sering aktif hingga terakhir meletus pada tahun 2022.


Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut dengan puncak tertinggi 3.344 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini tertinggi ketiga di Jatim dan tertinggi keempat di Pulau Jawa.


×