Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Demo Covid Makin Besar di China, Warga Bawa Kertas Putih

November 28, 2022 Last Updated 2022-11-28T01:15:32Z


Ratusan orang turun ke jalan di kota-kota besar di China pada Minggu (27/11) sambil protes terhadap kebijakan penanganan Covid-19 dari pemerintah.


Cara keras pemerintah telah membuat publik frustrasi yang semakin lelah dengan lockdown, karantina berkepanjangan dan kampanye tes Covid-19.


Kebakaran mematikan pada dua hari lalu di Urumqi, ibu kota Xinjiang, juga semakin menyulut kemarahan warga. Banyak pihak merasa lockdown membuat upaya penyelamatan terhambat hingga 10 orang meninggal dunia.


Berdasarkan reportase langsung di lokasi dikatakan kerumunan massa menyanyikan lagu kebangsaan dan mendengarkan pidato. Sementara di sisi lain sungai barisan polisi menunggu.


Mobil-mobil di jalanan membunyikan klakson sebagai dukungan ketika orang-orang tetap berada di area itu hingga dini hari, meneriakkan dan melambaikan lembaran kertas kosong yang melambangkan penyensoran.


Otoritas setempat memblokiri lalu lintas, sekitar 100 petugas berpakaian preman dan polisi tiba di tempat kejadian.


Pengunjuk rasa akhirnya membubarkan diri usai petugas berjanji tuntutan mereka akan didengar.


Sementara itu di kota metropolis terbesar di China, Shanghai, polisi bentrok dengan demonstran ketika petugas berupaya memindahkan kerumunan dari lokasi demo lain.


Sebagian orang yang protes menyerukan agar Presiden China Xi Jingping turun dari jabatannya. Ratusan orang mendatangi area itu sambil membawa kertas kosong dan bunga yang terlihat seperti protes sunyi.


Sejumlah orang ditangkap kepolisian ketika massa diminta meninggalkan lokasi.[SB]

×