Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kronologi Perseteruan Ahmad Dhani Larang Once Bawa Lagu Dewa 19

April 01, 2023 Last Updated 2023-04-01T01:39:01Z


Ahmad Dhani dan Once kini jelas sedang dalam perseteruan setelah pentolan Dewa 19 tersebut secara terbuka melarang mantan vokalisnya menyanyikan lagu band legendaris itu.


Jejak perselisihan mantan rekan di Dewa 19 tersebut mulai terlihat saat mereka bersiap untuk Konser 30 Tahun Dewa 19 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada 4 Februari 2023.


Dalam sebuah video yang diunggah akun AHMAD DHANI DALAM BERITA di YouTube pada 2 Februari 2023, Dhani dan Once terlibat debat terkait pemilihan lagu yang akan ditampilkan dalam konser.


"Kalau kita keluarin semua, tahun depan nonton apa On?" kata Ahmad Dhani.


"Lho ini kan di lapangan gede?" jawab Once.


"Lho tahun depan kan lapangan gede juga! Tahun depan di lapangan gede juga, kita mesti ngirit-ngirit," tegas Dhani.


"Banyak lho lagu lo," jawab Once.


"Makanya jangan dimainin semua," timpal Dhani.


"Ini enggak pernah dimainin," jawab Once.


"Kan masih ada tahun depan, memang karier kita tahun 2023 doang?" tanya Dhani.


Namun momen latihan prakonser tersebut rupanya bukan terakhir perselisihan Dhani dan Once. Sejumlah komentar-komentar juga menunjukkan ada tensi di antara keduanya.


Hal itu tertangkap dalam video dokumenter Mata Najwa soal konser Dewa 19 tersebut yang tayang pada 12 Februari 2023.


"H-1 ada penyanyi yang agak rewel, yaitu Once Mekel," kata Dhani kepada Najwa saat gladi bersih.


"Dia aku suruh nyanyi lagu I Want to Break Free, dia enggak mau. Dia bilang ini kan konsernya Dewa, lagunya Dewa dong," lanjutnya.



Rampung konser, pada 22 Februari, banyak berita beredar bahwa Once Mekel menolak untuk membayar royalti lagu Dewa 19 saat ia menyanyikannya bukan pada acara ban tersebut.


Once juga menyinggung peran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) selaku badan yang seharusnya mengatur sistem royalti atau sistem bagi hasil.


"Itu bukan ranah Once, itu ranah EO [Event Organizer]. Once tidak punya wewenang bayar royalti, EO yang harus bayar," tutur Ahmad Dhani menanggapi pernyataan Once.


"[Tidak melarang] jika EO-nya sudah berurusan dengan saya dan WAMI," ucapnya.


"WAMI sudah sepakat dengan saya, bahwa EO yang akan menghadirkan artis [untuk] menyanyikan lagu Ahmad Dhani harus izin tertulis dari WAMI," lanjutnya. "Tentunya setelah saya setuju dengan kesepakatannya."


Hingga pada awal Maret 2023, Ahmad Dhani secara terbuka mengatakan tak mengajak Once Mekel untuk manggung bareng Dewa 19 di Bandung.


"Enggak ada (Once). Alasannya kenapa? Alasannya mahal. Begitu saja," jawab Ahmad Dhani ketika ditemui di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (1/3).


Ucapan Ahmad Dhani tersebut muncul setelah banyak penggemar menilai bahwa Once adalah "personel" yang dimaksud Ahmad Dhani dalam video DEWA19 & JIS THE UNTOLD STORY PART 2.


Dalam video yang tayang 15 Februari itu, Ahmad Dhani menyebut ada "personel" yang tampil di JIS dan "meragukan" konser itu laku, mendadak meminta bayaran "gila-gilaan" setelah 65 ribu tiket ludes. 


Konflik rupanya semakin meruncing saat Ahmad Dhani secara terbuka melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 mulai Selasa (28/3).


Larangan itu diumumkan Dhani dengan alasan demi kelancaran rencana tur band Dewa yang sedang dan akan berlangsung hingga setelah lebaran.


"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," kata Ahmad Dhani di Pluit.


"Saya larang Once Mekel untuk menyanyikan lagu Dewa 19," kata Ahmad Dhani.


Dhani kemudian menegaskan larangan itu hanya berlaku untuk lagu-lagu yang ia ciptakan untuk Dewa 19. Lagu-lagu yang dibuat untuk T.R.I.A.D dan Ahmad Band disebut boleh dinyanyikan Once saat tampil.


Pada 31 Maret, Once Mekel akhirnya buka suara. Once menyadari bahwa larangan Ahmad Dhani itu mungkin akan membuat penyelenggara acara khawatir saat mengundang dirinya.


"Kalau ada EO yang khawatir, ya kita nanti akan kasih pemahaman, bahwa saya akan membawakan lagu [Dewa 19] paling banyak cuman satu. Itu pun yang saya ikut menciptakan," kata Once.


"Hanya untuk fan aku senang," lanjutnya. "Paling [lagu] Cemburu,"


Pengacara Once yang juga hadir dalam kesempatan itu, Panji Prasetyo, mengatakan aksi Ahmad Dhani memang sudah diperkirakan akan membawa UU Hak Cipta Pasal 9. Meski begitu, tetap ada aturan yang mengatur soal hak tersebut.


"Namanya pengumuman, penampilan di depan umum secara komersial, ini pencipta tidak bisa langsung menerima, tapi harus tergabung dengan LMK [Lembaga Manajemen Kolektif]," kata Panji.


Sementara itu, Once mengatakan dirinya sudah merasa cukup beruntung memiliki pengalaman bersama Dewa19 dan punya penggemar yang datang ke konser untuk melihatnya tampil. Ditambah dengan berpegang aturan tersebut, Once merasa tidak melanggar apapun.


"Saya enggak merasa itu merugikan Dewa kalau saya melakukan dalam konteks aturan yang ada, membayar royalti melalui LMKN," kata Once.


Pada hari yang sama, 31 Maret, Ahmad Dhani melalui pengacaranya, Aldwin Rahadian, mengatakan Once masih bisa membawakan lagu Dewa 19 yang merupakan ciptaan sang solois dengan Dhani. Lagu yang dimaksud berjudul Cemburu dari album Bintang Lima (2000).


"Kalau Mas Once ingin menyanyikan lagu yang dia ciptakan, tentu dia berhak. Misalkan dia berdua (Once dan Dhani) menciptakan lagu, dia berhak," kata Aldwin Rahadian di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (31/3).


"Yang dilarang itu beberapa lagu Dewa 19 yang selama ini diciptakan oleh Dhani atau Andra, atau Dewa 19 di luar Once," tegas Aldwin.[SB]

×