Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

8 Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Februari 05, 2024 Last Updated 2024-02-05T07:33:34Z

=

Bagi penderita asam lambung, memilih makanan memang harus ekstra hati-hati. Tak hanya makanan berlemak dan pedas, beberapa buah dan sayur pun ternyata perlu dibatasi konsumsinya karena dapat memicu gejala asam lambung.


Ada beberapa jenis buah dan sayur yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya. Sejumlah buah dan sayuran dapat memicu naiknya asam lambung. 


Hal ini kemudian memperparah gejala seperti heartburn, mual, dan kembung. Mari kita bahas mengenai buah dan sayur yang sebaiknya dikurangi porsinya atau bahkan dihindari oleh penderita asam lambung.


Buah dan sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung


1. Jeruk


Jeruk memang kaya vitamin C, namun kandungan asamnya yang tinggi dapat mengiritasi lambung dan memicu produksi asam lambung berlebih. 


Mengutip dari Health, asam dari buah ini memang bisa memicu gejala sakit maag. Pilihlah buah yang kurang asam seperti pisang, melon, atau pepaya sebagai alternatif.


2. Tomat


Meskipun tomat termasuk buah, kandungan asamnya setara dengan jeruk. Selain itu, tomat juga mengandung fruktosa yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan kembung, memperparah gejala asam lambung.


3. Nanas


Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat mempercepat pencernaan protein. Namun bromelain juga dapat mengiritasi lambung, terutama saat dikonsumsi dalam jumlah banyak.


4. Bawang bombay


Bawang bombay mengandung fruktan, sejenis serat yang sulit dicerna dan dapat memicu gas dan kembung. Selain itu, bawang bombay juga bersifat asam sehingga berpotensi mengiritasi lambung.


5. Bawang putih


Meski berkhasiat, bawang putih memiliki pH asam yang dapat meningkatkan keasaman lambung dan memicu naiknya asam lambung. Konsumsi bawang putih mentah sebaiknya dihindari dan batasi penggunaannya dalam masakan.


6. Kol dan kembang kol


Kol mengandung gula rafinosa yang sulit dicerna dan dapat memicu gas dan kembung. Kondisi ini bisa menekan diafragma dan memperparah gejala asam lambung, seperti heartburn.


Serupa dengan kol, kembang kol juga mengandung rafinosa yang dapat menyebabkan gas dan kembung. Selain itu, tekstur kembang kol yang keras dan berserat dapat mengiritasi lambung.


7. Sawi putih


Sawi putih mengandung nitrat yang dalam jumlah tinggi dapat diubah menjadi nitrit dalam tubuh. Nitrit inilah yang dapat mengiritasi lambung dan memicu produksi asam lambung berlebih.


8. Daun mint


Meski mint dikenal sebagai pereda mual, namun bagi penderita asam lambung justru bisa memperparah gejala. Mint dapat mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.


Tips mengonsumsi buah dan sayuran untuk penderita asam lambung


Konsumsi buah dan sayur dalam jumlah wajar dan pilih jenis yang tidak terlalu asam.


Masak buah dan sayur dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang untuk mengurangi iritasi lambung.


Hindari makanan berlemak, pedas, dan berminyak.


Makanlah dalam porsi kecil dan lebih sering.


Jaga berat badan ideal.


Kelola stres dengan baik.


Dengan menghindari pantangan makanan dan menerapkan pola hidup sehat, penderita asam lambung dapat meminimalisir gejala agar lebih nyaman.

×