Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

5 Penemuan Sains dan Fenomena Alam yang Tertulis di Al-Qur'an

Maret 15, 2024 Last Updated 2024-03-15T03:50:36Z


Sepanjang kehidupan manusia banyak ditemukan temuan maupun fenomena alam. Ternyata semua itu tertulis di dalam Al-Qur'an.


Bahkan sejumlah penemuan baru pada abad ke-20 juga tercatat di dalamnya. Semua fenomena tersebut bisa ditemukan dalam banyak temuan penelitian yang telah dipublikasikan.


Berikut rangkuman semua temuan dan fenomena tersebut, Kamis (14/3/2024):


1. Ledakan raksasa (Big Bang)


Big Bang atau ledakan raksasa merupakan fenomena terbentuknya alam semesta. Pada 100 tahun lalu tersebar keyakinan alam semesta telah tercipta dan tidak memiliki pencipta. Namun Albert Einstein menolak keyakinan itu pada studi persamaan lapangan.


Dia memiliki teori alam semesta yang terus mengembang dan tumbuh seperti balon. Kejadian big bang ternyata muncul di Al-Qur'an jauh sebelum teorinya terungkap.


"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian Kami pisahkan keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?" (QS. Al-Anbiya: 30)


2. Garis edar tata surya


Semua planet dan objek dalam tata surya memiliki garis edar atau berjalan pada orbitnya. Selain itu juga berputar pada porosnya.


Fenomena itu juga tercatat dalam surat Al-Anbiya ayat 33. "Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." (QS. Al-Anbiya: 33)


3. Api di dasar laut


Dalam sebuah penelitian, ahli geologi asal Rusia bernama Anatol Sbagovich dan Yuri Bagdanov seorang ilmuwan asal AS menemukan api di dasar laut. Temuan tersebut ditemukan saat mereka menyelma di lelas pantai Miami pada kedaman 1.750 kilometer.


Di sana terlihat lava cair yang mengalir dan abu vulkanik. Suhu di dalamnya juga menxapai 231 derajat celcius.


Salah satu surat dalam Al-Qur'an juga telah mencatat fenomena tersebut. "Dan laut yang di dalam tanahnya ada api." (QS. At-Tur: 6)


4. Sungai di dasar laut


Sungai di dasar laut berhasil ditemukan di bawah laut Meksiko. Fenomena bernama Cenote Angelita juga tertulis dalam Al-Qur'an.


"Dan Dialah (Allah) yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang satu tawar dan segar dan yang lainnya asin. Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus." (QS. Al-Furqan: 53)


5. Dua air laut yang tidak menyatu


Bumi juga memiliki fenomena unik yakni dua lautan yang bertemu namun tak menyatu. Keduanya mempertahankan sifat individu dari suhu, warna dan kepadatan.


Fenomena terjadi di Selat Giblartar. Yakni menghubjnvman Lautan Mediterania dan Samudera Atlantik. Fenomena ini juga dijelaskan dalam Al-Qur'an:


"Dia membiarkan dua lautan, yang keduanya kemudian bertemu [berdampingan]. Di antara keduanya ada batas yang tidak dapat dilampaui masing-masing." (QS. Ar-Rahman: 19-20).

×