Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

7 Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Maret 06, 2024 Last Updated 2024-03-06T13:47:54Z


Di tengah musim pancaroba seperti saat ini, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Salah satunya caranya yaitu dengan mengonsumsi vitamin C.


Vitamin C sendiri merupakan jenis vitamin larut air yang mendukung sistem imun dan berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Selain itu, juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi, pembentukan kolagen, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan serta membantu mempercepat penyembuhan luka.


Vitamin C biasanya dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan. Tapi, ternyata vitamin C juga bisa diperoleh dari sayuran. Lantas, apa saja sayuran yang mengandung vitamin C? Berikut ulasan selengkapnya.


Sayuran yang Mengandung Vitamin C


Berikut ini penjelasan mengenai tujuh sayuran yang mengandung vitamin C dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. 


1. Bayam


Sayuran yang Mengandung Vitamin C (Pixabay)


Sayuran yang mengandung vitamin C pertama adalah bayam. Sayuran ini mengandung vitamin C dengan jumlah yang tidak sedikit dimana 100 gram bayam, sekiranya terdapat 28 miligram vitamin C.


Selain itu, bayam juga tinggi akan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, serta folat yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan memastikan sel-sel tubuh berfungsi dengan baik.


Tidak hanya kandungan di atas, bayam juga dikenal sebagai sayuran yang rendah kalori dan kaya serat dengan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


2. Brokoli


Sayuran yang Mengandung Vitamin C (Pexel)


Sayuran yang mengandung vitamin C berikutnya adalah brokoli. Sayuran ini menyimpan vitamin C yang cukup banyak dimana setidaknya dalam 100 gram brokoli, terdapat sekitar 89 miligram vitamin C.


Tidak hanya itu saja, sayuran ini juga mengandung kalium yang tinggi dimana memiliki peran dalam mengontrol tekanan darah dan mencegah timbulnya penyakit jantung. Bahkan, brokoli juga diketahui banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.


Sayuran ini juga tinggi serat dan mengandung antioksidan lain yang ampuh meredakan peradangan.


Cara terbaik memasak brokoli adalah mengukusnya maksimal lima menit agar kandungan vitamin di dalamnya tidak hilang. Cari batang berwarna cerah dan kepala kehijauan gelap yang terasa kencang saat diremas ringan.


3. Paprika


Sayuran yang Mengandung Vitamin C (Freepik)


Paprika juga merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C. Paprika sendiri memiliki tiga warna yang berbeda dimana setiap jenisnya memiliki kandungan vitamin C yang berbeda-beda.


Dalam 100 gram paprika kuning, terkandung kurang lebih 184 miligram vitamin C. Sedangkan dalam 100 gram paprika merah, terkandung sekitar 128 miligram vitamin C. Berbeda lagi dengan paprika hijau. Dalam 100 gram paprika hijau, terkandung hanya sekitar 80 miligram vitamin C.


Selain vitamin C, paprika juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, folat, serta vitamin A


4. Daun Kale


Sayuran yang Mengandung Vitamin C (Pexels)


Sayuran berikutnya yang juga kaya akan vitamin C adalah daun kale yang mungkin agak asing di telinga sebagian orang. Tapi ternyata, sayuran yang berasal dari keluarga kubis ini mengandung vitamin C yang melimpah. Pasalnya, dalam 100 gram daun kale, terkandung sekitar 93 miligram vitamin C.


Selain vitamin C, sayuran ini juga diperkaya dengan kalsium dan kalium yang cukup tinggi dimana sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.


Untuk bisa mendapatkan beragam manfaat dari sayuran ini, pastikan untuk mengolahnya dengan benar. Pasalnya, setelah dimasak,  kadar vitamin C di dalam kale turun menjadi sekitar 20 mg.


Kandungan antioksidan dan mineral di dalam kale juga berkurang jika sayuran tersebut dimasak. Oleh karena itu, agar tidak kehilangan banyak nutrisi di dalam sayuran ini, dianjurkan untuk mengolah sayuran hijau ini dengan cara mengukusnya sebentar.


5. Kentang


Sayuran yang Mengandung Vitamin C (Pexels)


Dikenal sebagai sumber karbohidrat, kentang ternyata juga termasuk dalam sayuran yang mengandung vitamin C. Dalam satu buah kentang berukuran sedang terdapat 20 mg vitamin C.


Adapun cara konsumsinya yang tepat dengan cara dikukus atau dipanggang, bukan digoreng. Dengan demikian, jumlah kalori di dalam tubuh tidakakan  melonjak setelah mengonsumsi sayuran ini.


6. Kangkung


Sayuran yang Mengandung Vitamin C (Gramedia.com)


Kangkung merupakan salah satu sayuran yang kaya zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh serta kulit dan otak. 


Salah satunya yaitu vitamin C dimana dalam 100 gram kangkung mengandung setidaknya 55 mg vitamin C. Selain vitamin C, sayuran ini juga mengandung banyak air, zat besi, vitamin A, dan zat gizi lainnya.


Tidak hanya mudah untuk dimasak untuk berbagai hidangan, sayuran hijau ini bisa menyeimbangkan asupan nutrisi harian. 


7. Kol


Sayuran yang Mengandung Vitamin C (Pexels)


Terakhir, ada kol yang bisa dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin C di dalamnya, Dalam 100 gram kol putih atau merah, terkandung sekitar 50 miligram vitamin C.


Selain itu, kembang kol yang masih serumpun dengan kol juga mengandung sekitar 69 mg vitamin C.


Tak hanya vitamin C, kol juga mengandung gizi lainnya yang baik untuk kesehatan, seperti serat, protein, folat, magnesium, kalisum, kalium, serta vitamin B6.


Itulah rangkuman mengenai tujuh sayuran yang mengandung vitamin C. Dengan mengonsumsi sayuran di atas, maka kebutuhan C dalam tubuh akan terpenuhi sehingga dapat memperoleh banyak manfaat untuk kesehatan.

×