Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar Menurut Alquran dan Hadits

Maret 19, 2024 Last Updated 2024-03-19T03:09:35Z


Menghidupkan malam lailatul qadar dengan ibadah dan taqarrub merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Di malam tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, tilawah, beri’tikaf di masjid, dan mengerjakan amalan shalih lainnya.


Dalam Islam, malam lailatul qadar adalah malam yang sangat mulia, bahkan disebut lebih baik dari seribu bulan. Dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5, Allah SWT berfirman:


“Sesungguhnya kami turunkan dia (Alquran) pada lailatul qadar. Tahukah kamu apakah lailatul qadar itu? Lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan Ruh dengan izin Tuhannya untuk mengatur segalanya. Salam sejahteralah malam itu sampai terbit fajar.”


Dijelaskan dalam buku Majelis Ramadhan susunan Syekh Muhammad bin Shalih Utsaimin, tidak ada yang tahu pasti kapan datangnya malam lailatul qadar. Namun, jumhur ulama menyebutkan bahwa malam istimewa ini muncul pada 10 malam terakhir Ramadhan.


Ada ciri-ciri malam lailatul qadar yang bisa diamati oleh umat Muslim. Apa saja? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.


Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar


Sejumlah ulama masyhur seperti Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah pernah menyebutkan ciri-ciri datangnya malam lailatul qadar. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW dalam beberapa hadits.


Ciri-ciri tersebut hanya bisa dirasakan oleh orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Dikutip dari buku Jaminan Mendapat Lailatul Qadar susunan Ahmad Sarwat, Lc., M.A., berikut penjelasan lengkapnya yang bisa Anda simak:


1. Udara yang tenang dan sejuk


Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”


2. Cahaya mentari redup di esok harinya


“Keesokan hari malam qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.” (HR. Muslim)


3. Cahaya bulan sangat terang


Tanda ini hanya dirasakan oleh sebagian orang saja. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:


“Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).” (HR. At-Thabrani)


4. Terbawa mimpi


Dari sahabat Ibnu Umar radliyallahu’anhuma bahwa beberapa orang dari sahabat Nabi saw diperlihatkan malam lailatul qadar dalam mimpi (oleh Allah SWT) pada 7 malam terakhir (Ramadhan), kemudian Rasulullah SAW berkata,


"Aku melihat bahwa mimpi kalian (tentang lailatul qadar) terjadi pada 7 malam terakhir. Maka barang siapa yang mau mencarinya maka carilah pada 7 malam terakhir." (HR Muslim)


5. Merasakan lezatnya beribadah


Pada malam lailatul qadar, umat Muslim yang beribadah akan merasakan kekhusyuan maksimal. Ia akan memperoleh ketenangan dan kenikmatan dalam bermunajat kepada Allah SWT.

×