Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pagi Ini, Jemaah Masjid Aolia Gelar Shalat Idul Fitri

April 05, 2024 Last Updated 2024-04-05T04:20:28Z


Ratusan Jemaah Masjid Aolia di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, menggelar shalat Idul Fitri pada Jumat (5/4/2024). Shalat Id digelar di salah satu lokasinya di rumah imam Jemaah masjid Aolia di Panggang III, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul.


Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, sekitar pukul 06.00 WIB, ratusan jemaah sudah datang ke rumah imam Jamaah Masjid Aolia. Gema takbir terus berkumandang untuk menyambut hari kemenangan.


Selain di rumah, sejumlah masjid Jamaah Masjid Aolia hari ini menggelar shalat Idul Fitri. Sejumlah petugas kemanan dari organisasi kemasyarakatan, TNI/Polri menjaga keamanan jemaah.


Shalat Id dipimpin oleh Imam Jemaah Masjid Aolia K H Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau akrab dipanggil Mbah Benu. Hingga saat ini shalat Id masih berlangsung. 


Sebelumnya, salah seorang Mbah Benu, Daud membenarkan bahwa hari ini sudah menggelar shalat idul Fitri.


"Betul, besok (hari ini shalat Idul Fitri)," katanya, Kamis (4/4/2024). 


Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul Sya'ban Nuroni mengatakan, sudah mendengar informasi adanya shalat id oleh jamaah masjid aolia. Sebagai kantor milik semua agama, pihaknya akan memberikan pendekatan kepada jamaah masjid aolia.


"Ada sesuatu permasalahan, dalam agama Islam tentunya kita melakukan pendekatan kepada tokoh agama, agar pengamalan keyakinan, kemudian agar tidak menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat," kata Sya'ban.


Dia mengatakan, pendampingan akan memberikan edukasi kepada jamaah, untuk mengikuti organisasi keagamaan pada umumnya atau pemerintah. Pihaknya sudah mendatangi beberapa kelompok Jamaah Masjid Aolia.


"Kalau ini kan tidak lazim, kalau satu atau dua hari biasa (perbedaan penentuan hari raya), kalau ini kan lima hari tidak lazim," kata dia.


Perlu diketahui, jamaah masjid aolia sering berbeda dengan pemerintah maupun organiasasi keagamaan Islam dalam penentuan hari besar.

×