Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Shin Tae-yong Yakin Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Ingin Lawan Jepang Ketimbang Korea Selatan

April 20, 2024 Last Updated 2024-04-20T00:40:40Z


Raihan tiga poin atas Australia membuat Shin Tae-yong yakin timnas U-23 Indonesia bisa lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Ia bahkan sudah mengungkapkan siapa lawan yang ingin dihadapinya nanti.


Timnas U-23 Indonesia sebelumnya mengalahkan Australia 1-0 pada laga kedua grup A di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Doha, Kamis, 18 April. Komang Teguh Trisnanda menjadi pencetak gol tunggal bagi Skuad Garuda yang berbuah kemenangan perdana.


Hasil tersebut membuat Tim Merah Putih naik ke peringkat kedua klasemen sementara grup A dengan tiga poin, berada satu tingkat di bawah Qatar yang mengoleksi enam poin. Sementara Australia dan Yordania yang belum menang sama-sama memiliki satu poin.


Peluang Indonesia untuk lolos ke perempat final terbuka lebar. Namun mereka hanya bisa melaju dengan status runner up. Meskipun di akhir klasemen nanti perolehan poin Tim Merah Putih sama dengan Qatar, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan kalah dalam hal head to head karena pada pertemuan sebelumnya Skuad Garuda takluk 0-2 dari tim tuan rumah tersebut.


Dengan begitu, Indonesia akan berjumpa dengan tim juara grup B. Saat ini, ada dua tim yang berpeluang menyandang status tersebut, yakni Korea Selatan dan Jepang. Namun, Shin Tae-yong mengaku lebih berharap timnya bisa bertemu dengan Jepang.


"Saya cukup percaya diri Indonesia bisa lolos ke perempat final," ujar pelatih yang akrab disapa STY ini dalam sesi jumpa pers usai pertandingan melawan Australia, Kamis, 18 April. "Tentu saya tidak bisa menentukan apakah kami akan menghadapi Korea Selatan atau Jepang. Akan tetapi, saya rasa saya akan lebih memilih untuk bertemu Jepang. Saya pikir, lebih baik kami melawan Jepang ketimbang Korea Selatan."


Pelatih berusia 53 tahun itu mengungkapkan bahwa sebelumnya dia sempat menyaksikan langsung laga Korea Selatan melawan Arab Saudi untuk mendukung Tim Negeri Ginseng. Kini, tak menutup kemungkinan dia akan kembali menyaksikan pertandingan Korea Selatan melawan Cina.


"Jika saya menonton pertandingan Korea Selatan melawan Cina, konsentrasi saya akan meningkat dan saya akan menganalisis pertandingannya. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menganalisis kekuatan Korea Selatan dan Jepang."


Kendati demikian, status timnas U-23 Indonesia masih belum sepenuhnya aman. Kepastian mereka lolos akan ditentukan dalam pertandingan terakhir grup A Piala Asia U-23 2024 melawan Yordania, Minggu, 21 April.


×