Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Statistik Timnas Indonesia vs Korea Selatan,Dominasi Skuad Shin Tae-yong Tak Terbantahkan

April 26, 2024 Last Updated 2024-04-26T03:48:12Z


Statistik Timnas U23 Indonesia saat melawan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U23 layak mendapat kredit, Jumat (26/4/2024).


Timnas U23 Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U23 2024 setelah menyingkirkan Korea Selatan lewat drama adu penalti.


Berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, duel sengit terjadi di sepanjang laga. Kedua tim bermain 2-2 selama waktu normal dan berlanjut ke perpanjangan waktu.


Tim asuhan Shin Tae-yong akhirnya menang dalam adu penalti dengan kemenangan 10-11.


Timnas U23 Indonesia membuat repot Korea Selatan di babak pertama dengan hanya memberikan kesempatan lawan untuk melepaskan satu tembakan saja.


Di babak pertama, skuad asuhan Shin Tae-yong terlihat sangat menonjol dengan unggul di segala hal sisi penyerangan atas Korea Selatan.


Timnas U23 Indonesia menguasai 51 persen penguasaan bola dengan jumnlah passing 221 kali dan akurasi passing mencapai 85 persen.


Sedangkan Korea Selatan mencatatkan 49 persen penguasaan bola dengan umpan passing 204 kali dan tingkat akurasi 83%.


Di babak pertama Indonesia melepaskan tujuh tembakan ke gawang Korea Selatan, tiga diantaranya tepat sasaran dan berbuah dua gol.


Sedangkan Taegeuk Warriors -julukan Korea Selatan, hanya melepaskan satu tembakan saja, itu pun meleset dari sasaran.


Adapun satu gol yang mereka cetak, didapat dari gol bunuh diri dari pemain Timnas Indonesia, Komang Teguh.


Sementara itu di babak kedua, skuad Garuda memang lebih tertekan dibanding babak pertama, namun tidak kalah soal presentase penguasaan bola.


Di babak kedua, Korea bangkit. Mereka berkali-kali mencecar pertahanan yang dikawal Rizky Ridho.


Korea Selatan mampu melepaskan tujuh tembakan di babak kedua, di mana dua diantaranya tepat sasaran dan satunya berbuah gol.


Taegeuk Warriors muda sebenarnya bermain dengan 10 pemain sejak menit 70'. Striker sekaligus top skor mereka, Lee Young-jun mendapat kartu merah.


Pemain yang baru masuk di menit 46' ini menginjak kaki Justin Hubner dalam perebutan bola di area pertahanan Timnas Indonesia.


Wasit sempat mengeluarkan kartu kuning atas pelanggaran itu. Namun setelah ada panggilan dari petugas VAR, pemeriksaan lebih lanjut pun dilakukan dan akhirnya menjadi kartu merah.


Baca juga: Hasil Timnas U23 Indonesia: Momen Marselino Lewatkan Peluang Emas Cetak Gol ke Gawang Korea Selatan


Namun justru mereka mampu menyamakan kedudukan saat bermain dengan 10 pemain ini. Gol penyama skor dicetak di menit 84' oleh sosok Jeong Sang-bin.


Pemain pengganti ini mampu memenangi duel lari dan berhasil memperdaya Ernando Ari.


Adapun hingga pertandingan 90 menit, skor masih sama kuat 2-2 dan berlanjut ke extra time.


Adapun di babak ekstra time, Indonesia masih cukup mendominasi permainan dengan menambah beberapa kali shoting.


Di laga ini, osok Rafael Struick menjelma sebagai pahlawan Timnas U23 Indonesia setelah mencetak brace gol pada laga kali ini.


Gol plessing jarak jauh (15') dan tendangan Rafael Struick setelah memenangi duel bola lambung (45+3') membuat Timnas U23 Indonesia melaju ke partai semifinal.


Adapun untuk Korea Selatan hanya bisa membalas dau gol ke gawang Timnas U23 Indonesia melalui tandukan Hong Si-hoo (43') dan Jeong Sang-bin (84').


Daftar Susunan Pemain


Formasi: 3-4-3


Pelatih: Shin Tae-yong


Starting Line-up: Ernando Ari (GK), Komang Teguh, Justin Hubner, Rizky Ridho; Pratama Arhan, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Ilham Rio Fahmi; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Witan Sulaeman.


Pengganti: Adi Satryo (GK), Daffa Fasya (GK), Muhammad Ferarri, Bagas Kaffa, Dony Tri Pamungkas,  Fajar Fathur Rahman, Arkhan Fikri, Muhammad Reyhan Hanan, Jeam Kelly Sroyer, Ikhsan Nul Zikrak, Ramadhan Sananta.

×