Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gara-gara Invasi Rusia, Ukraina Terancam Hadapi Musim Dingin Terburuk

Oktober 29, 2022 Last Updated 2022-10-29T10:51:26Z


Ukraina terancam menghadapi musim dingin terburuk tahun ini. Hal tersebut dikarenakan invasi Rusia yang merusak infrastruktur energi di negara tersebut, termasuk jaringan listrik.


Jaringan listrik yang hancur akibat invasi Rusia membuat kawasan Ukraina diliputi kegelapan. Ketakutan makin besar apalagi menjelang musim dingin yang tentu membutuhkan listrik untuk menghangatkan ruangan.


Alla Melnychuk, seorang warga Ukraina mengatakan, dia akan tetap bertahan di apartemennya yang berlokasi di Irpin, meski musim dingin makin dekat. Ia berusaha memperbaiki apartemen miliknya yang pada Maret lalu kena serangan Rusia yang menghancurkan sebagian kaca jendela dan atapnya.


"Saya masih berencana untuk menghabiskan musim dingin di Irpin," ujarnya kepada CNN, dikutip, Sabtu (29/10).


Saat ini, Melnychuk, suaminya dan kucing mereka Murchyk menyewa apartemen sementara di Kyiv. Tetapi berencana untuk kembali ke Irpin, pinggiran ibu kota yang dulu tenang dan rindang.


"Kami perlahan membangun kembali, kami telah membeli kayu dan kami memasang atap, saya bahkan tidak mempertimbangkan pilihan lain jika kami tidak akan menyelesaikannya (perbaikan) sebelum musim dingin," kata dia.


Tak hanya Melnychuk, jutaan orang di Ukraina juga tengah bersiap menghadapi musim dingin. Warga bergegas memperbaiki rumah dan mengamankan bahan bakar yang cukup untuk bisa menghidupkan api agar tetap hangat di tengah listrik yang padam.


Pada Juli lalu, pemerintah Ukraina mengatakan bahwa lebih dari 800.000 rumah rusak atau hancur sejak terjadi perang pada Februari 2022. Hal ini membuat ribuan orang tinggal di rumah tanpa atap.


Kondisi tersebut makin diperparah dalam beberapa pekan terakhir oleh rentetan serangan Rusia terhadap infrastruktur listrik dan pemanas Ukraina.[SB]

×