Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PDIP Tak Beri Kepastian, Ganjar Pranowo-Mahfud MD Maju Pilpres 2024 Didukung Ulama NU, Benarkah?

Oktober 25, 2022 Last Updated 2022-10-25T13:45:39Z



Sebuah unggahan video dengan klaim yang menyebutkan Ganjar Pranowo siap maju sebagai Capres 2024 mendatang. Presiden Jokowi bersama tokoh ulama NU bersatu siap memenangkan kontestan.

Pada video yang di posting Kanal Youtube dengan nama pengguna SKEMA POLITIK, nantinya sosok yang mendampingi Ganjar sebagai calon Wakil Presidennya adalah Menko Polhukam Mahfud MD. 

"ULAMA NU BERSATU..!!! SIAP MENANGKAN MAHFUD MD & GANJAR PRANOWO," tulis judul pada video tersebut dikutip pada Senin, (24/10/2022).

Sedangkan, narasi pada thumbnail itu adalah 'DIDUKUNG JOKOWI & ULAMA, GANJAR PRANOWO SIAP MAJU PILPRES 2024'.

Berdasarkan thumbnail pada video, terlihat gambar Jokowi didampingi wakilnya Ma'ruf Amin. Tampak pula gambar Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD berdampingan. Mereka menggunakan setelan putih dan kopiah hitam.

Sementara itu, pada sisi bagian kiri terpampang gambar Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang merupakan ulama NU beserta tokoh NU lainnya. 

Benarkan Ganjar-Mahfud MD maju Capres-Cawapres 2024?

Berdasarkan penelusuran tim pencari fakta, klaim pada video yang di posting adalah hoax atau bohong

Faktanya pada video dengan durasi 10:05 tersebut tidak berisi soal klaim yang ada di postingan.  Unggahan ini berisi gabungan dari potongan video.

Pada awal video memperlihatkan wawancara Johnny G Plate yang memaparkan soal penunjukan calon wakil presiden. Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan wawancara video lama di tahun 2019.

Saat itu  Johnny G Plate masih berstatus sebagai Sekjen Partai NasDem. Sementara saat ini, dia menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf.

Berikutnya pada video memperlihatkan tayangan dari CNN Indonesia dengan narasumber PBNU Imam Pituduh yang membahas batalnya Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden pendamping Jokowi, pada detik akhir pengumuman Calon Wakil Presiden.

Hingga akhir video tidak ada pernyataan soal klaim pada unggahan. Gambar thumbnail pada video juga hasil editan belaka.

Sebagaimana diketahui, PDI Perjuangan belum merekomendasikan nama untuk menjadi bakal Capres-Cawapres di pemilu 2024 nanti. Namun nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani digadang-gadang tengah bersaing untuk memperebutkan tiket capres dari Megawati.

Kesimpulan

Klaim yang menyebutkan Ganjar Pranowo siap maju sebagai Capres 2024 mendatang bersama Mahfud MD adalah hoax.[SB]


×