Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Budi Gunawan Bisa jadi Kuda Hitam Capres dari PDIP

November 17, 2022 Last Updated 2022-11-17T09:55:56Z


Dinamika penentuan capres dari PDI Perjuangan menarik untuk didalami. Komunikolog politik nasional Tamil Selvan melihat saat ini internal PDIP termasuk Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengalami kegamangan.


“Sebab dinamika ini bukan hanya soal siapa capres dari PDIP, tapi lebih kepada bagaimana menjaga eksistensi trah Soekarno sebagai pimpinan tertinggi PDIP,” kata Tamil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (17/11).


Tamil melihat, bahwa formula yang disiapkan oleh PDIP ketika mendapatkan posisi capres maka disodorkan Puan Maharani, sementara jika porsinya adalah cawapres calonnya adalah Ganjar.


Namun menurut Tamil, poin utama saat ini bagaimana meyakinkan Megawati bahwa tongkat estafet ketum PDIP bisa landing dengan baik, walaupun Puan tidak maju dalam kontestasi pilpres 2024. Inilah, yang menurut Tamil keraguan Megawati pada diri Ganjar dalam posisi itu.


“Saya melihat Budi Gunawan menjadi kuda hitam bagi PDIP. Disatu sisi, kedekatan Budi Gunawan dengan Megawati sudah menjadi rahasia umum, dan disisi politik eksternal, Budi Gunawan tidak memiliki resistensi politik terhadap calon-calon yang saat ini diusung sebagai capres,” beber Tamil.


Dengan begitu, bargaining position dalam menjaga eksistensi dan soliditas PDIP, besar kemungkinan Megawati akan mengusung Budi Gunawan.


“Hal ini akan mencegah bentrok antar kader pendukung yang hanya akan melemahkan posisi PDIP dalam kontestasi antar partai,” demikian Tamil. [SB]

×