Notification

×

Iklan

Iklan

Korea Memanas! AS Siap Terjunkan Pesawat Pengebom Strategis

November 06, 2022 WIB Last Updated 2022-11-06T10:53:36Z


Ketegangan di Semenanjung Korea terus meningkat selepas tembakan rudal secara membabi-buta oleh Kim Jong Un.

Kini, Angkatan Udara AS berencana untuk mengerahkan pesawat pengebom strategis B-1B dalam latihan militer AS-Korea Selatan pada Sabtu (5/11/2022).


Menurut laporan kantor berita Yonhap yang dikutip Reuters, Seoul dan Washington telah mengadakan latihan udara "Vigilant Storm" sejak Senin, yang diperpanjang satu hari hingga Sabtu sebagai tanggapan atas apa yang disebut sekutu provokasi berkelanjutan oleh Korea Utara.

Ini adalah yang pertama B-1B telah dikerahkan dalam latihan AS-Korea Selatan sejak 2017. Adapun, Amerika Serikat telah menahan empat pengebom di Guam sejak akhir Oktober.


Korea Selatan telah meminta Amerika Serikat untuk meningkatkan penyebaran "aset strategis", yang meliputi kapal induk, kapal selam nuklir, dan pembom jarak jauh seperti B-1B.

Setelah pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Lloyd Austin di Washington pada hari Kamis, Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup mengatakan Amerika Serikat telah setuju untuk mempekerjakan "aset strategis AS ke tingkat yang setara dengan penyebaran konstan melalui peningkatan frekuensi dan intensitas penyebaran aset strategis di dalam dan sekitar Semenanjung Korea."


Sebelumnya, Korsel menurunkan 80 jet tempur, termasuk F-35A, untuk memantau pergerakan Korut.


Korut dilaporkan Seoul memobilisasi 180 pesawat tempur. Dikerahkannya puluhan jet Korsel termasuk pesawat siluman untuk melacak hal tersebut.


"Militer kami mendeteksi sekitar 180 pesawat tempur Korut yang dimobilisasi di wilayah udara Pyongyang," kata Kepala Staf Gabungan Seoul, dikutip AFP.


Sehari sebelumnya, Korut menembak 80 artileri ke arah tetangganya itu Jumat pagi. Sejak Rabu dan Kamis, Korut juga menembak sekitar 30 rudal, dan satu di antara jatuh hanya beberapa puluh kilo dari wilayah Korsel.[SB]

×
Berita Terbaru Update