Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pangeran Arab Dipenjara Sepulang dari AS, Kenapa Raja Salman?

November 05, 2022 Last Updated 2022-11-05T06:17:42Z


Pangeran Arab Saudi Abdullah bin Faisal al Saud dipenjara setelah kembali dari Amerika Serikat karena komentarnya tentang negaranya.

Bahkan, warga Arab Saudi yang tengah tinggal di Amerika Serikat juga dilaporkan sedang menjadi sasaran penangkapan karena komentarnya tentang kerajaan.


Setelah lulus dari Boston Northeastern University, Abdullah Bin Faisal ditangkap gegara sebuah panggilan telepon dalam perjalanan pulangnya ke Arab Saudi. Karena komunikasi itu dia mendapat hukuman mencapai 30 tahun pada Agustus lalu.

Kasus pangeran Abdullah yang dirinci dalam dokumen pengadilan Saudi, yang diperoleh Associated Press, belum pernah dilaporkan sebelumnya.


Yang jelas, selama lima tahun terakhir, pengawasan, intimidasi, dan pengejaran Saudi terhadap warga Saudi di wilayah AS telah meningkat, ketika kerajaan meningkatan penindasan di bawah penguasa de facto Putra Mahkota Mohammed Bin Salman.


Hal itu didukung dari keterangan FBI, kelompok hak asasi manusia, dan wawancara warga Saudi yang tinggal di luar negeri. Bahkan beberapa orang itu mengatakan agen FBI menyarankan mereka untuk tidak pulang ke negaranya.

Kedutaan Besar Saudi di Washington menanggapi penyelidikan oleh AP dan membantah hal tersebut.


"Gagasan bahwa pemerintah Saudi atau lembaganya melecehkan warganya sendiri di luar negeri tidak masuk akal," jelas Kedutaan, seperti dilaporkan Fox News yang mengutip Associated Press, Sabtu (5/11/2022).


Setelah menghukum pangeran Abdullah, Arab Saudi juga memberikan hukuman seumur hidup secara virtual kepada Saad al Madi kepada seorang Saudi-Amerika berusia 72 tahun karena unggahan di Twitter.


Selain itu Agustus lalu, kerajaan juga memberikan hukuman penjara 34 tahun kepada seorang siswa Saudi berusia 34 tahun di Inggris, Salma al Shehab karena unggahannya di Twitter.

Ketiga hukuman itu dijatuhkan beberapa minggu setelah Presiden Joe Biden mengesampingkan kecaman masa lalunya atas catatan hak asasi manusia Arab Saudi sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi.


Hal itu 'terpaksa' dilakukan ketika AS sangat membutuhkan kerajaan untuk menjaga produksi minyak. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Arab Saudi dan OPEC justru memangkas produksinya.


Freedom House, sebuah kelompok penelitian dan advokasi, mengatakan Arab Saudi telah menargetkan kritik di 14 negara, termasuk penargetan terkoordinasi dan dijalankan dari Amerika Serikat.


Tujuannya untuk memata-matai orang Saudi dan mengintimidasi mereka atau memaksa mereka kembali ke kerajaan.

"Ini merupakan pelanggaran berat," kata Nate Schenkkan dari Freedom House tentang pemenjaraan baru-baru ini terhadap orang Saudi yang berbasis di Barat.


Departemen Luar Negeri AS menyatakan saat ini sedang menyelidiki kasus Pangeran Abdullah, sedangkan FBI belum mau berkomentar.[SB]

×