Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Putin: 50 Ribu Tentara Mobilisasi Sudah Bergabung dengan Unit Tempur

November 08, 2022 Last Updated 2022-11-08T13:15:42Z


Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Senin (7/11/2022), bahwa 50.000 tentara Rusia yang dipanggil sebagai bagian dari upaya mobilisasi, sekarang telah bertempur dengan unit-unit tempur di Ukraina. 


Seperti dilaporkan kantor berita Interfax, Putin mengatakan, 80.000 berada "di zona operasi militer khusus" - istilah yang digunakan Rusia untuk perangnya di Ukraina - dan sisanya dari hampir 320.000 wajib militer, berada di kamp pelatihan di Rusia.


“Kami sekarang memiliki 50.000 unit tempur mereka. Sisanya belum ambil bagian dalam pertempuran,” kata Putin saat berkunjung ke wilayah Tver, di luar Moskow. 


Pada bulan September, Putin mengumumkan upaya “mobilisasi parsial” untuk memanggil ratusan ribu pejuang baru untuk perang, setelah Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah dalam serangan balasan. Langkah itu memicu eksodus ratusan ribu orang Rusia dan memicu protes anti-perang di seluruh negeri. 


Pekan lalu Putin mengatakan total 318.000 telah dipanggil dalam rancangan tersebut. Rusia mengakhiri upaya mobilisasi parsial pada akhir Oktober, dengan menteri pertahanan Sergei Shoigu mengatakan pada 28 Oktober, sekitar 41.000 pejuang Rusia telah bergabung dengan unit tempur mereka untuk bertempur di Ukraina.


Sementara itu, Rusia dilaporkan telah mengirim ribuan tentara untuk memperkuat daerah Kherson, tetapi telah mengisyaratkan dalam beberapa hari terakhir itu bisa ditarik. Wakil kepala pemerintahan yang dilantik Rusia, Kirill Stremousov, mengatakan pekan lalu, Rusia kemungkinan akan mundur ke seberang sungai, meskipun ada keheningan dari para petingginya di Moskow. 


Banyak pihak menduga, pertempuran hebat akan terjadi di Kherson dalam waktu dekat. Baik Rusia maupun Ukraina dilaporkan telah melakukan persiapan serius untuk menghadapi pertempuran di wilayah ini, yang akan menjadi kunci untuk langkah selanjutnya.[SB]

×