Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Zelensky Klaim Rusia Bakal Tembakkan Rudal Iran Serang Infrastruktur

November 07, 2022 Last Updated 2022-11-07T01:16:00Z


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim Rusia berencana menyerang menggunakan rudal Iran, kemungkinan menargetkan infrastruktur, terutama sektor energi.

"Kami juga memahami bahwa negara teroris sedang mengonsentrasikan kekuatan dan sarana untuk kemungkinan mengulang serangan massal terhadap infrastruktur kami. Pertama-tama, energi," kata Zelensky dalam pidato hariannya, Minggu (6/11), diberitakan CNN.


Zelenskiy mengatakan saat ini ada 4,5 juta rakyat dan enam wilayah tak mendapat pasokan listrik gegara ulah serangan Rusia.


Dia juga bilang Rusia menggunakan serangan drone Iran lagi, tetapi tak menjelaskan lebih detail terkait hal ini.


"Seluruh dunia akan tahu bahwa rezim Iran membantu Rusia memperpanjang perang ini. Jika bukan karena pasokan senjata Iran ke Rusia, kami mungkin lebih dekat ke kedamaian sekarang," katanya.


CNN sebelumnya memberitakan Iran tengah bersiap mengirim sekitar 1.000 senjata tambahan, termasuk rudal dan drone, ke Rusia.


Informasi ini didapat dari pejabat negara barat yang memonitor ketat program persenjataan Iran.


Pengiriman sedang dipantau ketat karena akan menjadi yang pertama bagi Iran mengirim rudal presisi canggih ke Rusia. Senjata ini diperkirakan bisa mendorong maju Rusia di medan perang.


Drone Iran telah berperan penting dalam konflik sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari lalu.[SB]

×