Notification

×

Iklan

Iklan

Sri Mulyani Buka Suara soal Jatah Rumah untuk Jokowi di Colomadu

Desember 19, 2022 WIB Last Updated 2022-12-19T13:21:01Z

 


Menteri Keuangan Sri Mulyani angkat suara terkait dengan hadiah rumah dari negara untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berlokasi di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bendahara negara ini menyebutkan anggaran untuk hadiah tersebut sedang disiapkan. Namun, ia enggan membeberkan berapa nilai minimum dan maksimum yang diberikan.


"Kalau itu kan begitu sudah ditetapkan lokasinya, beliau nanti diestimasi sesuai dengan proses yang diatur dalam peraturan. Aku nggak ingat (nilai maksimal anggaran), nanti aku lihat kalau sudah ada," ujarnya di Istana Negara, Senin (19/12).


Adapun rumah tersebut nantinya akan diberikan sebagai hadiah setelah masa jabatan Jokowi sebagai Presiden RI berakhir di 2024 mendatang. Kendati demikian, Sri Mulyani menekankan nilainya akan disesuaikan dengan peraturan yang ada.


"Tapi itu (nilainya) sesuai peraturan, sudah ada standar. Jadi nggak ada yang kontroversi," imbuhnya.


Sri Mulyani menekankan bahwa pemberian hadiah rumah untuk presiden dan wakil presiden saat usai masa jabatan bukan hal baru. Sudah berjalan sejak lama, hanya saja yang saat ini membedakan adalah lokasi rumah yang bakal dibangun, sehingga tentu nilainya akan berbeda.


"Hanya, kalau dulu biasanya para presiden itu lokasinya di Jakarta. Kalau beliau (Jokowi) kan di luar Jakarta. Jadi nanti komparasinya dari sisi nilainya juga akan ada perbedaan," jelasnya.


Sementara, anggaran pengadaan rumah tersebut belum diketahui akan masuk di APBN tahun berapa. Saat ini, kata Sri Mulyani, masih dalam perhitungan.


Pasalnya, Kementerian Keuangan masih dalam tahap menyelesaikan pagu anggaran tahun ini.


"Nanti aku lihat ya dari semua anggaran. Jadi di APBN saya ini dari atas sampai bawah, aku mau menutup tahun anggaran dulu sambil lihat apa-apa yang harus selesai, tahun depan mulai, termasuk anggaran nya bapak presiden," pungkasnya.[sb]

×
Berita Terbaru Update