Notification

×

Iklan

Iklan

Survei Poltracking Elektabilitas Capres: Anies - Prabowo Saling Tikung, Ganjar Anteng Tak Tersalip

Desember 22, 2022 WIB Last Updated 2022-12-22T10:31:52Z


Poltracking Indonesia menyebut berdasarkan hasul survei terbarunya soal bakal calon presiden menguat hanya kepada tiga nama, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.


Temuan itu berdasarkan hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden pada 21-27 November 2022.


"Sebenarnya ada tiga calon presiden kuat atau lebih tepatnya tiga bakal calon presiden kuat," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda secara daring, Kamis (22/12/2022).


Meski survei terbaru menempatkan Ganjar di posisi pertama, ternyata posisi Anies dan Prabowo saling tikung. Kedua tokoh tersebut saling berebut posisi kedua. Hal itu diketahui berdasarkan perbandingan dengan hasil survei periode Agustus 2022 dan November 2022.


"Kalau kita perhatikan sebelumnya, survei kami sebelumnya nanti ada trennya. Ada pertukaran posisi antara Mas Anies dan Pak Prabowo pertukarannya. Tapi di nomor satu masih Mas Ganjar Pranowo," kata Hanta.


Diketahui elektabilitas terbaru ketiganya ialah, Ganjar 32.5 persen, Anies 29.1 persen, dan Prabowo 27.8 persen. Hanta mengatakan angka ketiganya sangat kompetitif.


Merujuk hasil survei periode Agustus, tren elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan sebesar 3 persen dari sebelumnya 29.4 persen di Agustus.


Kenaikan sebesar 3 persen juga dialami Prabowo. Tercatat, elektabilitas Prabowo pada hasil survei Agustus adalah 24.7 persen, sekarang pada November naik menjadi 27.8 persen.


"Nah trennya Pak Prabowo juga sama, lebih kurang sama dengan Mas Ganjar. Trennya juga naik di survei ini," kata Hanta.


Menarik melihat tren kenaikan elektabilitas Anies yang mengalami kenaikan jauh dari Ganjar dan Prabowo jika dibandingkan dengan hasil survei pada Agustus.


"Yang menarik memang satu lagi Mas Anies ini kenaikannya ini lebih tinggi dibandingkan Mas Ganjar dan Pak Prabowo. (Anies) dari 20.6 persen menjadi 29,1 persen. Itu ada kenaikan sekitar cukup signifikan sekitar 8 persen," kata Hanta.


Elektabilitas Anies yang melejit naik sekitar 8 persen itu membuat mantan calon gubernur DKI Jakarta ini dapat menikung Prabowo di nomor dua. Posisi Anies kini berada di bawah Ganjar.


"Di survei kali ini bergeser lagi. Mas Ganjar tetap di nomor satu. Tetapi nomor duanya sekarang sudah di Mas Anies, baru lah Pak Prabowo di nomor tiga," kata Hanta.


Untuk diketahui, survei ini diambil secara tatap muka terhadap 1.220 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan stratified multistage random sampling. Adapun margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.[sb]

×
Berita Terbaru Update