Notification

×

Iklan

Iklan

Alasan Dua Admin Wikipedia Dipenjara oleh Pemerintah Saudi

Januari 08, 2023 WIB Last Updated 2023-01-08T14:00:43Z


Dua orang admin Wikipedia dilaporkan telah dijebloskan ke penjara sejak September 2020 oleh Arab Saudi dengan salah satu admin disebut mendapatkan vonis 32 tahun penjara.


"Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, yang berbicara kepada DAWN dan SMEX, pada September 2020, pemerintah Saudi menangkap dua administrator Wikipedia tingkat tinggi di Arab Saudi, Osama Khalid dan Ziyad al-Sofiani pada hari yang sama, menuduh mereka "mengombang-ambingkan opini publik" dan "melanggar moral publik," tulis Democracy for the Arab World Now (DAWN) dan SMEX dalam pernyataan bersama di situs DAWN.


Osama Khalid diketahui mendapatkan vonis penjara selama 32 tahun, sedangkan Ziyad al-Sofiani mendapat vonis selama 8 tahun.


Executive Director DAWN Sarah Leah Whitson menuding pemerintah Saudi "menyusupkan agen pemerintah ke Wikipedia dan memenjarakan editor yang tidak patuh."


"Penyusupan pemerintah Saudi ke Wikipedia lewat agen pemerintah yang bertindak sebagai editor independen, dan memenjarakan editor yang tidak patuh, menunjukkan penggunaan mata-mata di dalam organisasi internasional, juga membahayakan ketika mencoba memproduksi konten independen di negara tersebut," katanya.


"Sangat tidak bertanggung jawab bagi organisasi dan bisnis internasional untuk menganggap afiliasi mereka dapat beroperasi secara independen, atau aman dari kendali pemerintah Saudi," tambahnya.


Direktur penelitian DAWN untuk Teluk Abdullah Alaoudh mengatakan penangkapan kedua admin Wikipedia ini menunjukkan bagaimana Saudi sangat ingin mengontrol narasi Wikipedia.


Pernyataan DAWN dan SMEX ini muncul setelah Wikimedia, induk perusahaan Wikipedia, pada Desember lalu mengumumkan larangan global terhadap 16 pengguna "yang terlibat dalam menyunting proyek Wikipedia di wilayah MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara)".


Dalam penyelidikan yang dimulai Januari 2022, Wikimedia mengatakan mereka "dapat mengonfirmasi bahwa sejumlah pengguna yang memiliki hubungan dekat dengan pihak eksternal mengedit platform secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan mereka."


Pernyataan ini disebut merujuk pada warga Saudi yang bertindak di bawah pengaruh pemerintah Saudi.[SB]

×
Berita Terbaru Update