Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

IMF Prediksi Sepertiga Ekonomi Global Resesi Tahun Ini

Januari 02, 2023 Last Updated 2023-01-02T14:23:30Z


Dana Moneter Internasional (IMF) mewanti-wanti perekonomian global akan menghadapi masa yang sulit pada 2023. Bahkan, sepertiga ekonomi dunia berada dalam resesi.


Pasalnya, tiga mesin utama ekonomi dunia yakni AS, China, dan Eropa melambat.


"Kami memperkirakan sepertiga ekonomi dunia berada dalam resesi. Bahkan negara yang tidak dalam resesi, akan terasa seperti resesi bagi ratusan juta orang," ujar Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dalam wawancara dengan CBS Face the Nation yang dikutip dari Reuters pada Senin (2/1).



Pada Oktober lalu, IMF memangkas prospek pertumbuhan ekonomi global pada 2023 dari 2,9 persen jadi 2,7 persen. Hal itu mencerminkan hambatan yang terus berlanjut dari perang Rusia-Ukraina, tekanan inflasi hingga suku bunga tinggi.


Menurut Georgieva, laju ekonomi China pada 2022 kemungkinan di bawah pertumbuhan ekonomi global untuk pertama kalinya dalam 40 tahun karena lonjakan kasus covid-19.


Peningkatan kasus membuat Negeri Tirai Bambu menerapkan sejumlah pembatasan yang menahan aktivitas ekonomi.


"Untuk beberapa bulan ke depan, akan sulit bagi China, dan dampaknya terhadap pertumbuhan China akan negatif, dampaknya terhadap kawasan akan negatif, dampak terhadap pertumbuhan global akan negatif," kata Georgieva.


Sementara itu, ia menilai ekonomi AS tangguh dan mampu menghindari resesi. Sebab, pasar tenaga kerja dinilai masih cukup kuat.


"Jika pasar tenaga kerja sangat kuat, Fed (The Federal Reserves) mungkin harus mempertahankan suku bunga lebih ketat lebih lama untuk menurunkan inflasi," ujarnya.[SB]

×