Notification

×

Iklan

Iklan

Kaesang Tertarik Politik, Pengamat: Ini Sudah Lama Didesain Jokowi

Januari 26, 2023 WIB Last Updated 2023-01-26T07:25:44Z

 


Ketertarikan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dalam dunia politik dinilai sudah didesain dan direncanakan lama. Mengikuti jejak sang putra sulung Gibran Rakabuming Raka juga menantunya Bobby Nasution.


Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, tidak mungkin Kaesang terjun ke politik tanpa desain. Sebab, dalam kancah politik tidak ada sesuatu yang muncul tanpa desain.


“Politik itu desain. Enggak mungkin sporadis tanpa rencana. Ini memang sudah didesain dari awal, terkait dengan anak-anaknya Jokowi termasuk menantunya jadi kepala daerah. Pasti didesain karena segala sesuatunya harus matang dan direncanakan,” kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (26/1).

 

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini, langkah Kaesang di politik pun diyakini akan mulus dan sangat mudah memenangkan kontestasi. Faktor utamanya tentu karena dia anak dari penguasa di Indonesia saat ini.


“Ini didesain sudah lama ingin dilakukan oleh Jokowi. Mumpung berkuasa, mumpung jadi presiden. Kesempatan ini digunakan oleh Jokowi untuk anak-anaknya,” demikian Ujang.


Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebelumnya mengungkapkan bahwa adik bungsunya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik. Gibran menyebut Kaesang bicara tertarik masuk politik di hadapan Presiden Jokowi langsung.


“Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik," kata Gibran, Selasa (24/1).[sb]

×
Berita Terbaru Update