Notification

×

Iklan

Iklan

Rencana Masuknya Kaesang ke Politik Memang Sudah Diatur Jokowi

Januari 26, 2023 WIB Last Updated 2023-01-26T08:28:15Z

 


Rencana masuknya Kaesang Pangarep ke dunia politik dianggap memang sudah diatur oleh Presiden Joko Widodo agar partai politik (parpol) koalisi pemerintah saling berebut untuk menjadikan anak emas presiden menjadi kader.


"Rencana masuknya Kaesang ke Politik saya kira bisa jadi memang sudah di-setting oleh Jokowi," ujar Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (26/1).


Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini melihat, terdapat peristiwa yang menguatkan bahwa Kaesang sudah diatur Jokowi untuk masuk politik sebelum kekuasaan Jokowi lengser.


Analisa Saiful, keterlibatan Jokowi semakin kuat di mana sebelumnya sempat bertemu dengan Prabowo. Bahkan setelah itu Prabowo kemudian juga berkunjung ke Solo.


"Bisa jadi Jokowi sudah melakukan komunikasi dengan parpol agar Kaesang mendapatkan kendaraan politik untuk Kaesang," kata Saiful.

Melihat itu, Saiful menilai, jika Kaesang masuk politik, maka seperti forum beanja Jokowi sebelum lengser, yaitu dengan menempatkan keluarganya pada jabatan-jabatan publik dalam pemerintahan.


"Tentu ini tidak baik untuk pendidikan politik kebangsaan, mestinya Jokowi tidak memberikan ruang kepada keluarganya pada saat dirinya masih berkuasa. Tentu parpol koalisi pemerintah saling mendekat untuk mendapatkan anak emas Presiden guna dijadikan kader partai," pungkas Saiful..[SB]

×
Berita Terbaru Update