Notification

×

Iklan

Iklan

Misteri Hilangnya 'Mega' dari Twitter

Januari 15, 2023 WIB Last Updated 2023-01-15T14:27:03Z


Kata 'Mega' masih hilang dari Twitter usai sempat menjadi trending topic sejak gelaran HUT PDIP. Apa penjelasan dari platform medsos ini?


Menurut pantauan CNNIndonesia.com, setidaknya sehari sejak masuk 10 besar trending topic, kata 'Mega' tak muncul di kolom pencarian maupun tak bisa diklik pada deret tema yang ramai dibahas itu.


Hingga Minggu (15/1) pagi, kata itu masih tak ditemukan.


'Mega' tak muncul di kolom pencarian Twitter. (Tangkapan layar twitter)

Kata kunci 'Mega' sempat ramai dikicaukan netizen usai pidato panjang dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di perayaan ulang tahun partainya pada Selasa (10/1).


Salah satu yang menarik perhatian netizen adalah ketika Megawati mengungkit pentingnya peranan partainya bagi Presiden Joko Widodo.


"Pak Jokowi itu ya ngono loh, mentang-mentang. Lha iya, padahal Pak Jokowi kalau enggak ada PDI-Perjuangan juga, duh kasihan dah," seloroh Megawati, di di JIExpo Kemayoran, Selasa (10/1).


Tak ketinggalan, Megawati juga memuji dirinya sendiri kala menyampaikan pidato sebagai sosok perempuan yang cantik, pintar, hingga berkarisma. Presiden kelima RI ini juga pamer sembilan gelar doktor honoris causa hadiah dari berbagai universitas.


Tak heran, netizen pun melontarkan ribuan komentar dengan memakai kata kunci 'Mega'. Selain itu, warganet juga ramai berkicau dengan kata 'Bu Mega', 'Megawati', dan 'PDIP'.


Namun, hanya kicauan yang memuat kata kunci 'Mega' yang hilang.


Ketika pencarian dilakukan, layar Twitter tidak menunjukkan hasil dengan keterangan "Something went wrong. Try reloading".


Pada bagian bawahnya muncul tulisan sementara, "this is an invalid search query. Please try a different one". Namun, per hari ini, kalimat terakhir ini hilang. Yang ada cuma yang pertama.


Merespons hal ini, pengamat media sosial Enda Nasution menyebut dirinya tidak mengetahui secara pasti apa yang terjadi, tetapi kemungkinan ada isu di mekanisme pencarian Twitter.


"Kurang tahu juga, mungkin ada isu di mekanisme pencarian Twitter nya," ujar dia kepada CNNIndonesia.com lewat pesan teks.


Terpisah, pihak Twitter enggan memberi komentar secara resmi lantaran secara global tidak memiliki tim komunikasi yang bisa memberi penjelasan spesifik mengenai isu ini.


Dalam salah satu halaman help, Twitter menjelaskan alasan kicauan dan hashtag atau tagar tidak muncul di pencarian.


"Meskipun kami tidak menampilkan setiap Tweet di hasil pencarian, berikut ini beberapa alasan sehingga Anda tidak melihatnya," demikian dikutip dari laman tersebut.


Apa saja alasannya?


Apakah Tweet Anda dilindungi? Jika demikian, hanya pengikut yang disetujui yang dapat melihat Tweet dilindungi Anda di hasil pencarian.


Sudahkah Anda mengonfirmasi alamat email? Pastikan Anda telah menyelesaikan pengaturan akun Anda dan telah mengonfirmasikan alamat email yang dikaitkan.


Tweet Anda berisi konten yang mungkin sensitif? Mode pencarian aman kami secara otomatis menyaring Tweet dengan konten yang mungkin sensitif. Pelajari tentang pengaturan konten sensitif dan cara menonaktifkannya.


Apakah Tweet Anda berkontribusi pada percakapan dengan penuh makna? Kami berusaha menampilkan konten yang paling relevan, kredibel, dan aman di pencarian.[SB]

×
Berita Terbaru Update