Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Rumah di Maluku Rusak, Ada Warga yang Terluka Usai Gempa M 7,5

Januari 10, 2023 WIB Last Updated 2023-01-10T03:31:32Z


Gempa kuat bermagnitudo 7,5 yang terjadi di Maluku tepatnya di kepulauan Tanimbar mengakibatkan sejumlah kerusakan parah.


Dilaporkan pagi ini ada puuhan rumah yang mengalami kerusakan setelah guncangan berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang wilayah tersebut pada Selasa (10/1/2023) pukul 02.47 WIT.


Berdasarkan data sementara, kerusakan tersebar di beberapa desa dan kecamatan.


Ada  10 rumah di Kecamatan Wuar Labubar, mengalami kerusakan, ada pula warga yang tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa dan mengalami luka.


Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar Erik Uruwatuw saat dihubungi dari Ambon, Selasa (10/1/2023) pagi mengatakan dirinya baru mendapat laporan dari petugas di desa pagi hari.


“Saya baru dapat laporan dari petugas di desa-desa bahwa dari malam sampai pagi ini laporan baru masuk itu di Desa Romnus, Kecamatan Wuar Labubar ada 10 rumah rusak berat, dan ada satu warga terluka karena menjadi korban reruntuhan,” katanya.


Menurut penjabat Kepala Komisi Penanggulangan Bencana di Klasik Tanimbar Selatan ini, selain di  Kecamatan Wuar Labubar, kerusakan rumah warga juga terjadi di Desa Adaut, Kecamatan Selaru dan Desa Alusi Kelaan, Kecamatan Kormomolin.


“Di Desa Adaut, Kecamatan Selaru ada enam rumah warga yang rusak berat, begitu pun di Desa Alusi Kelaan, Kecamatan Kormomolin juga enam rumah dilaporkan rusak,” katanya.


Sedangkan di desa Nurkat, Kecamatan Molumaru, dua rumah warga dilaporkan rusak dan di Kelurahan Saumlaki ada satu rumah warga yang ikut rusak.


“Di Kelurahan Saumlaki tercatat ada satu rumah warga yang mengalami kerusakan termasuk juga tembok pagar Ketua DPRD Kepulauan Tanimbar runtuh,” katanya.


Saat ini ia menyebut data masih bersifat sementara dan ada kemungkinan bertambah.


“Ini hanya data sementara masih bisa bertambah, tadi malam juga dari Pusdalok BNPB meminta saya memantau dampak keruskaan jadi data masuk langsung saya kirim ke mereka,” katanya.


Seperti diketahui gempa bermagnitudo 7,5 mengguncang Kepulauan Tanimbar, Maluku berlokasi pada titik kordinat 7,37 Lintang Selatan dan 130,23 Bujur Timur tepatnya berada di laut pada jarak 136 km arah barat laut Maluku Tenggara Barat pada kedalaman 130 km di bawah permukaan laut.


Gempa ini bahkan membuat BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami.


Getaran gempa ikut dirasakan getarannya hampir di seluruh wilayah Maluku hingga beberapa daerah lainnya seperti Sorong, Marauke, Nabire, Ende, Kupang Rote dan beberapa daerah lainnya.[SB]

×
Berita Terbaru Update