Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sebut Jokowi Firaun, Cak Nun Trending Topic di Twitter, Publik Geram

Januari 18, 2023 Last Updated 2023-01-18T02:35:50Z


Nama Cendekiawan muslim dan budayawan Emha Ainun Najib atau akrab disapa Cak Nun menjadi trending topic di Twitter pagi ini Rabu (18/1/2023). 


Hal itu, tentu karena ceramahnya di kajian Maiyah yang sempat menyebut Jokowi seperti Firaun. 


Dikutip dari akun TikTok @Tryhwsp terlihat potongan video dimana Cak Nun tengah mengisi kajian Maiyah di Bangbang Wetan, Surabaya.


Di dalam video itu terlihat video kajian itu dibuat di bulan Januari 2023. Di video itu Cak Nun mengungkapkan bahwa Indonesia telah dikuasai sebuah sistem kekuasaan yang kuat. 


Di mana Jokowi diibaratkan sebagai Firaun hingga pengusaha Anthony Salim sebagai perlambangan Qorun.


"karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga terus Haman yang namanya Luhut," ucapnya.


"Negara kita itu sesempurna dicekel cek wis gaono bocor-bocore oleh Firaun, Haman dan Qorun  itu seluruh sistem perangkat alat-alat politiknya sudah dipegang mereka semua, kon milih sopo wae ngko wis ono sik menang, nah itu dewasa tegak monggo tapi pokoknya....," terangnya dalam potongan video itu. 


Unggahan itu pun mendapat respon dari warganet. Hingga Rabu (18/1/2023) pagi, sudah terdapatg 18,9 ribu cuitan. 


Salah satunya dari @GunRomli atau Mohammad Guntur Romli "Jika ada kekurangan di Jokowi, tdk sampe layak dihina sprt Firaun, jika ada kelebihan Emha Ainun Najib gak sampe level Nabi Musa & Sabrang sprt Nabi Harun. Hanya kesombongan & ketakaburan yg mengatakan itu. Cak Nun sedang meninggikan Jokowi & merendahkan dirinya sendiri," tulisnya. 


"Video ini akibatkan Cak Nun dihajar BuzeRp.Untung sj Penguasa tdk tangkap Cak Nun,sbb jk ditangkap mk org kaitkan lg Firaun,sbb Firaun Mesir kuno mmg alergi omongan spt ini.Cak Nun sdh minta maaf,yg tpenting Penguasa sdh maafkan & tbukti Penguasa bkn Firaun sbb Firaun tdk pemaaf," tulis @AndiDarwis71. 


"Surat terbuka buat Cak Nun dan Jemaahnya: Tolong tanyakan ke Cak Nun, beliau bersedia nggak menjadi saksi dan membuktikan tuduhannya atas presiden Jokowi. Jika Cak Nun bersedia bersaksi, saya yang akan melaporkan Presiden atas tuduhan merekayasa Pemilu," tulis @03_nakula. [SB]

×