Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ukraina Klaim Tenggelamkan Kapal Perang Rusia Pakai Artileri

Januari 13, 2023 Last Updated 2023-01-13T05:10:35Z


Pasukan Ukraina mengklaim telah menenggelamkan sebuah kapal perang Rusia di Sungai Dnipro menggunakan artileri, Selasa (10/1).


Melalui unggahan di Facebook, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina menyampaikan kabar tersebut disertai foto inframerah yang menunjukkan kapal patroli itu terbakar. Meski begitu, belum diketahui kapal jenis apa yang telah ditenggelamkan Ukraina tersebut.


"Pasukan Ukraina berhasil menembak kapal perang Rusia di Sungai Dnipro," cuit Kementerian Pertahanan Ukraina, Selasa, seperti dikutip The Jerusalem Post.


Kapal itu sebelumnya dilaporkan berada di delta Sungai Dnipro yang membelah antara Ukraina dengan ibu kotanya, Kyiv.


Sungai itu sendiri terletak di dekat Kherson, kawasan yang sempat diduduki Rusia, namun telah direbut kembali. Sungai itu mengalir melewati beberapa pulau ke Laut Hitam melalui Teluk Dniprovska.


Kementerian Pertahanan Ukraina pada Selasa (10/1) juga mengunggah jumlah kerugian harian dari pihak Rusia yang kini menjadi 17, termasuk serangan terhadap kapal perang tersebut.


Armada laut Rusia sejauh ini disebut kalah telak dari pasukan Ukraina lantaran keunggulan Kyiv di wilayah tempur baik darat hingga laut. Padahal, armada Rusia jauh lebih besar dan punya kontrol yang signifikan di Laut Hitam.


Ukraina selama ini mendapatkan sokongan senjata dari negara-negara Barat. Salah satunya adalah bantuan rudal Harpoon dari AS. Namun Kyiv juga punya rudal Neptune yang dikenal mampu menenggelamkan Moskva, kapal Armada Laut Hitam Rusia.[SB]

×