Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

5 Contoh Surat Lamaran Kerja 2023 Disertai Cara Membuatnya

Februari 05, 2023 Last Updated 2023-02-05T08:11:36Z

 




Surat lamaran kerja butuh digarap dengan benar demi memuluskan proses melamar kerja. Pelajari deretan contoh surat lamaran kerja pada beserta cara membuatnya lewat artikel ini!

 

Tahukah Anda apa itu surat lamaran kerja? Berdasarkan pengertian umum, surat lamaran kerja adalah surat pengantar berupa perkenalan diri untuk diberikan kepada pihak pembuka lowongan kerja. Surat ini bertugas menjabarkan latar belakang, pengalaman, hingga alasan melamar kerja sebelum kemudian melampirkan berkas lain seperti CV dan portofolio.

 

Berbicara soal CV, sudahkah Anda memahami apa bedanya CV dan surat lamaran kerja? Secara bentuk dan fungsi, keduanya jelas berbeda. Curriculum Vitae (CV) terdiri dari riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga skill secara lengkap. Di sisi lain, surat lamaran kerja atau cover letter hanya merupakan surat pembuka atau perkenalan pada berkas lamaran kerja.

 

Untuk tahu bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang benar, Anda dapat melihat berbagai contoh surat lamaran kerja di Canva yang dilengkapi fitur menarik. Platform desain lain juga turut menyediakannya, tinggal bagaimana Anda memilih sesuai preferensi.

 

Meski terlihat mudah, membuat surat lamaran kerja harus diperhitungkan secara matang. Ingin tahu bagaimana contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar? Simak contoh dan cara membuatnya sebagai berikut.

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2023

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

 

Kepada Yth,

 

Rumah Sakit Sentosa

Jl. Sentosa No. 10

Bandung

 

Dari : Suranto

Jl. Cibadak No. 20

Bandung

085722334455

suranto@email.com

 

Tanggal : 26 Januari 2023

 

Perihal : Lamaran Kerja sebagai Staf Administrasi

 

Dengan hormat,

 

Saya, Suranto, ingin mengajukan lamaran kerja sebagai staf administrasi di Rumah Sakit Sentosa. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, saat ini Rumah Sakit Sentosa sedang membuka kesempatan kerja untuk posisi tersebut.

 

Saya adalah lulusan S-1 Universitas Pasundan jurusan Administrasi Publik. Selama menjalani studi, saya telah banyak mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan administrasi, seperti kegiatan organisasi kemahasiswaan, magang di beberapa perusahaan, dan mengikuti berbagai pelatihan.

 

Saya yakin bahwa pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki dapat berguna bagi Rumah Sakit Sentosa. Saya akan berusaha untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

 

Saya berharap dapat dijadikan bagian dari Rumah Sakit Sentosa dan dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi perusahaan. Saya akan sangat senang jika dapat dijadikan bagian dari tim Rumah Sakit Sentosa.

 

Saya menyertakan berkas lamaran kerja dan dokumen pendukung lainnya. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

Suranto


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

 

Kepada Yth,

 

PT Freeport Indonesia

Jl. Merdeka Timur No. 45

Jakarta

 

Dari : Zulyadri Rakhman

Jl. Merdeka Barat No. 12

Bandung

085722334455

zulyadrirakhman@email.com

 

Perihal : Lamaran Kerja sebagai Koordinator Lapangan

 

Kepada Pihak yang berwenang,

 

Saya, Zulyadri Rakhman, sarjana S-1 baru lulus dari Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran ingin mengajukan lamaran kerja sebagai Koordinator Lapangan di PT Freeport Indonesia.

 

Sebagai sarjana baru dari Fakultas Pertanian, saya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan bidang pertanian. Selama menjalani studi, saya telah mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pertanian seperti magang di perusahaan pertanian, kegiatan organisasi kemahasiswaan, dan mengikuti pelatihan-pelatihan.

 

Sebagai fresh graduate, saya memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan berkembang. Saya yakin bahwa pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki dapat berguna bagi PT Freeport Indonesia. Saya siap untuk bekerja keras dan berkembang pesat di sini.

 

Terima kasih atas perhatiannya, sukses selalu untuk PT Freeport Indonesia.

 

Hormat saya,

 

Zulyadri Rakhman

 

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

 

Kepada Yth,

 

PT Informatika Jaya

Daan Mogot, Jakarta Barat

Di tempat.

 

Saya, Ilham Budianto, sarjana S-1 lulusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang ingin mengajukan lamaran kerja sebagai Programmer di PT Informatika Jaya.

 

Sebagai lulusan teknik informatika, saya memiliki dasar pengetahuan yang kuat dalam bidang pemrograman. Selama menjalani studi, saya telah mengikuti berbagai proyek dan kegiatan yang berhubungan dengan pemrograman seperti proyek tugas akhir, magang di perusahaan IT dan kegiatan organisasi kemahasiswaan.

 

Sebagai fresh graduate, saya siap untuk belajar dan berkembang. Saya yakin bahwa pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki dapat berguna bagi PT Informatika Jaya. Saya siap untuk bekerja keras dan berkembang bersama perusahaan.

 

Saya sertakan dalam lamaran ini adalah CV dan dokumen pendukung lainnya. Terima kasih atas perhatiannya, sehat selalu untuk PT Informatika Jaya.

 

Hormat saya,

 

Ilham Budianto

 

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

 

Kepada Yth,

 

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Jl. Diponegoro No. 71

Jakarta

 

Saya, Ryandra Prakoso, mahasiswa S-1 Universitas Padjadjaran jurusan Administrasi, ingin mengajukan lamaran magang sebagai karyawan administrasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

 

Sebagai mahasiswa jurusan Administrasi, saya memiliki dasar pengetahuan yang kuat dalam bidang administrasi. Selama menjalani studi, saya telah mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan administrasi seperti magang di perusahaan swasta, kegiatan organisasi kemahasiswaan, dan mengikuti pelatihan-pelatihan.

 

Sebagai mahasiswa, saya ingin menambah pengalaman kerja dan belajar lebih banyak tentang dunia kerja. Saya yakin bahwa magang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo akan memberikan saya kesempatan untuk belajar dan berkembang dalam bidang administrasi.

 

Dalam berkas lamaran kerja ini, saya titipkan surat rekomendasi dari dosen dan transkrip nilai yang telah ditandatangani. Saya berharap dapat dipertimbangkan sebagai karyawan magang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Sekian dan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Ryandra Prakoso

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

 

To Whom It May Concern,

 

Apple Inc.

1 Infinite Loop

Cupertino, CA 95014

 

Dear Hiring Manager,

 

I am writing to express my interest in the Legal Officer position at Apple Inc. As a recent graduate of Bachelor of Laws from Universitas Indonesia, I am excited about the opportunity to contribute my skills and knowledge to your company.

 

Throughout my academic studies and internships, I have gained extensive knowledge and experience in legal research, drafting legal documents, and providing legal advice. In addition, I have also developed strong analytical and problem-solving skills, which I believe will be beneficial for this position.

 

I am particularly drawn to Apple's reputation for innovation and its commitment to providing the best possible products and services to its customers. I am excited about the prospect of working with a team of highly talented and motivated individuals, and contributing to the company's continued success.

 

I have attached my resume and transcripts for your reference. I would be honored to have the opportunity to meet with you to further discuss my qualifications and how they align with the needs of your company.

 

Thank you for considering my application. I look forward to hearing from you soon.

 

Sincerely,

Nathanael Simanjuntak

 

***

 

Itulah tadi contoh surat lamaran kerja terbaru 2023 disertai cara membuatnya berdasarkan jenis yang berbeda. Setiap keperluan tentu beda format, sehingga Anda harus menyesuaikannya agar tidak keliru. Jangan lupa review dan cek ulang isi surat lamaran sebelum mengirimkannya ke HRD. Semoga berhasil!


×