Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Mengintip 3 Nama yang Santer Disebut Akan Diusulkan Jokowi Jadi Bos BI

Februari 21, 2023 Last Updated 2023-02-21T04:59:22Z


Presiden Jokowi sudah mengantongi calon nama gubernur BI yang akan ia kirim ke DPR. Namun, ia belum mengambil keputusan soal siapa nama calon yang akan diusulkan pemerintah ke DPR.

Jokowi mengatakan nama calon akan ia putuskan hari ini atau besok.

 

"Kita putuskan kalau tidak hari ini, besok. Nama-namanya sudah masuk, ya," katanya Selasa (21/2).

 

Masa jabatan Perry Warjiyo sebagai gubernur BI memang bakal berakhir pada Mei 2023 setelah menjabat sejak 23 Mei 2018 lalu. Beberapa bulan menjelang masa jabatannya habis, sejumlah nama santer disebut akan diusulkan Jokowi untuk menjadi gubernur BI.

 

Mengutip detik.com, berikut daftar nama calon tersebut dan profilnya.

 

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani bukan lah orang baru dalam pemerintahan. Ia telah menjabat berbagai posisi menteri sejak era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Jokowi.

 

Di masa SBY, Sri Mulyani pernah menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas pada 21 Oktober 2008- 7 Desember 2005. Kemudian ia ditunjuk SBY menjadi menteri

 

keuangan sejak Desember 2005. Kemudian, pada 2008 jabatannya bertambah sebagai Plt Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

 

Tak hanya itu, Sri Mulyani pernah menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia pada 1 Juni 2010.

 

Namun, ia kembali lagi ke Indonesia dan menjabat sebagai menteri keuangan sejak 2016 hingga saat ini di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

2. Purbaya Yudhi Sadewa

Saat ini Purbaya menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sebelum itu, ia menjadi anak buah Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan karena menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

 

Selain itu, Purbaya juga pernah menempati posisi strategis di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan; dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

 

3. Destry Damayanti

Destry Damayanti saat ini merupakan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Ia menempati posisi itu sejak Juli 2019. Sebelum mengemban tugas ini, Destry telah menduduki berbagai jabatan strategis antara lain sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan, Kepala Ekonom Bank Mandiri.

 

Selain itu, Destry juga pernah menjadi Ketua Task Force Ketahanan Ekonomi BUMN pada Kementerian BUMN, dan Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas.

 

Dalam bidang pendidikan, Destry juga sempat aktif sebagai peneliti dan pengajar Lembaga Penyelidikan dan Ekonomi Masyarakat (LPEM-UI).[SB]

×