Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Once Akui Sakit Hati dengan Tingkah Ahmad Dhani

April 01, 2023 Last Updated 2023-04-01T01:21:00Z


Once Mekel mengaku sakit hati dengan aksi Ahmad Dhani yang melarang dirinya membawakan lagu-lagu Dewa 19. Once menyebut anaknya pun sampai ikut terdampak buntut kegaduhan tersebut.


"Iya [sakit hati] adalah pastinya. Anak saya sampai tanya, 'Ada apa sih, Pah? Kok satu sekolahan tanya aku?'," kata Once di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (31/3).


"Saya bayangin bagaimana dia jawabnya, bapaknya yang kena masalah, anaknya yang jawab. Inilah dinamika orang dewasa cari duit, bapak-bapak cari duit begini," lanjutnya.


Selain itu, dia kecewa karena merasa dituduh melanggar hukum. Padahal, kata Once, dirinya sebagai performer atau pelaku pertunjukan tidak menyalahi Undang-Undang Nomor 28/2004 tentang Hak Cipta.


Dia menjelaskan dalam UU tersebut Pasal 23 Ayat 5 dikatakan seorang performer tak perlu meminta izin pencipta jika sudah membayar 2 persen dari tiket penjualan konser kepada Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).


"Setiap Orang dapat melakukan Penggunaan Secara Komersial Ciptaan dalam suatu pertunjukan tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Pencipta dengan membayar imbalan kepada Pencipta melalui Lembaga Manajemen Kolektif," bunyi lengkap Pasal 23 Ayat 5.


"Kasus ini bukan hanya membawa saya secara pribadi, tapi pertaruhannya adalah sebuah profesi yang sudah dikenal sejak awal," ucap Once.


"Namanya penyanyi yang semuanya harus diatur, yang mengatur itu dalam konteks ini adalah UU Hak Cipta, kita bukan hanya mengatur perlindungan untuk pencipta, tapi, juga mengatur terhadap pelaku pertunjukan yang tadi Pasal 23 itu," imbuhnya.


Once Mekel mengaku sakit hati dengan aksi Ahmad Dhani yang melarang dirinya membawakan lagu-lagu Dewa 19. (Arsip Detikcom Bima Bagaskara dan Ari Saputra)


Sementara itu, pengacara Once, Panji Prasetyo curiga aksi Ahmad Dhani itu hanya untuk sensasi. Namun, menurutnya hal itu berbahaya karena membenturkan seorang pencipta lagu dengan penyanyi.


"Bahkan dia sekarang mengumpulkan pencipta lagu seolah kayak menindas sama penyanyi. Kan sebenarnya enggak layak ya, enggak sehat," kata Panji.


"Mungkin konsekuensi dari ini, para penyanyi harus lebih hati-hati, khususnya ketika pertama kali mereka merekam lagu yang diciptakan si pencipta," lanjutnya.


Ahmad Dhani sebelumnya mengeluarkan larangan kepada Once. Ia dengan tegas melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Larangan itu jadi puncak perselisihan keduanya selama beberapa bulan terakhir.


"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," kata Ahmad Dhani di Pluit dan diunggah ke YouTube pada Selasa (28/3).


Tidak hanya sembarang lagu, tapi Dhani melarang Once membawakan lagu-lagu yang ia ciptakan untuk Dewa 19. Sedangkan, Dhani tetap memperbolehkan Once untuk menyanyikan lagu-lagunya dari solois dan bandnya yang lain.


"Karena Dewa saat ini sedang melakukan tur, setelah lebaran itu setiap minggu dua kali. Tur bersama Dewa 19. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu yang menggunakan lagu-lagu Dewa," ujar musisi 50 tahun itu.


"Saya menjaga muruah Dewa, juga menjaga kemurnian dari konser-konser Dewa yang kami adakan setelah lebaran seminggu dua kali," tambahnya.[SB]
×