Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

2 Tanda Rusia Bakal Runtuh dalam Waktu Dekat Menurut Analis

Mei 08, 2023 Last Updated 2023-05-08T07:13:55Z


Analis politik dan penulis asal Amerika Serikat, Janusz Bugajski, memprediksi Rusia saat ini sedang dalam kondisi tidak stabil sehingga tak lama lagi bakal mengalami keruntuhan.


Bugajski menerangkan fondasi Rusia sejatinya jauh lebih rapuh dibandingkan propaganda Moskow yang mencoba meyakinkan warganya dan orang luar mengenai kekuatan mereka.


Berikut 3 tanda-tanda keruntuhan Rusia menurut analisis Bugajski:


1. Konflik internal rezim

Bugajski menuturkan fondasi negara Rusia sama seperti militernya jauh lebih rapuh daripada propaganda Moskow selama ini kepada dunia luar.


Menurutnya, kemerosotan ekonomi, tekanan pengetatan anggaran terutama sejak melancarkan invasi ke Ukraina, hingga rezim personalistik tanpa garis suksesi menjadikan Rusia rentan mengalami keruntuhan.


Jika dilihat, sampai saat ini Putin masih menjadi orang paling berkuasa di Rusia sejak 17 tahun terakhir. Dan hingga sekarang, belum ada tanda-tanda kapan Putin lengser dan siapa yang bisa menjadi suksesinya kelak.


"Kita juga sudah melihat tanda-tanda seperti konflik di antar-institusi pemerintah (Rusia), kematian misterius lebih dari selusin oligarki, dan seringnya pembersihan kepemimpinan di militer Rusia," ucap Bugajski.


Lebih dari 10 kematian misterius pejabat sampai oligarki Rusia di lingkaran Putin dalam setahun terakhir, terutama sejak Moskow melancarkan invasi ke Ukraina.


Meski Putin mengaku mendapat dukungan dari berbagai pihak di Rusia soal invasi, tak sedikit pula pejabat Rusia, eks pejabat, hingga pengusaha konglomerat Negeri Beruang Merah menyatakan kegerahan dan penentangannya terhadap agresi Moskow ke Ukraina.


Sejak itu, penangkapan terhadap kritikus pemerintah semakin sering. Putin bahkan mengesahkan hukum yang bisa memenjarakan siapa saja yang dianggap menyebarkan berita bohong terkait pergerakan pasukan Rusia di Ukraina seperti soal kemunduran hingga kekalahan mereka di medan perang.[SB]

×