Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

3 Fenomena Mengerikan! Warga Ponorogo Panik hingga Takbir Bersahutan! Tanah Mencair, Sungai Jadi Warna Merah Darah, Pertanda Apa ini?

Mei 07, 2023 Last Updated 2023-05-07T06:21:39Z


Warga Ponorogo panik hingga takbir bersahutan! Tanah persawahan tiba-tiba mencair dan bergerak, pertanda apa ini? Air sungai jadi warna merah darah.


Di dunia ini, ada sejumlah fenomena alam mengerikan yang nyaris membuat musnah dunia. Bahkan, Bumi nyaris kiamat puluhan tahun yang lalu, lantaran adanya fenomena alam yang mampu memporak-porandakan isinya seketika. 


Selain itu, kedatangannya yang tak bisa diprediksi kerap membuat warga was-was dan khawatir. Dari banyaknya peristiwa yang ada di bumi ini, berikut Beberapa fenomena alam mengerikan yang menggemparkan dunia versi On The Spot.


1. Awan UFO


Fenomena aman mirip UFO atau benda aneh yang terbang terjadi di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 


Momen tersebut diabadikan oleh warga Bawean di dalam video yang berdurasi 9 detik itu. Setelah ditelusuri fenomena tersebut terjadi di Dusun Tanah Rata Desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean. 


Sontak warga sekitar melongo melihat awan tersebut. Seorang warga bercerita, awal mula fenomena alam tersebut diketahui anak-anak yang sedang bermain. 


Tiba-tiba ada awan berbentuk mirip UFO, awalnya warga mengira masjid terbakar. Pasalnya awan tersebut juga berwarna-warni, biru, putih, dan kuning. 


Ternyata tidak ada apa-apa. Sisi lain warga Bawean lainnya Aheng juga melihat fenomena alam di langit Bawean. 


Ada berbentuk dua matahari yang tertangkap kamera salah satu warga Dusun Pajinggahan Desa Tanjung Ori, Kecamatan Tambak Pulau Bawean.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG kelas 3 Sangka Pura Bawean, Ari Wijayanto mengatakan, awan yang mirip UFO itu hasil pembiasan sinar matahari yang dibiaskan oleh awan atau butiran uap air yang ada di sekitar awan. 


Pihaknya menyebut, awan tersebut tidak membahayakan. Hal tersebut juga sudah biasa, awan membentuk warna yang dominan, seperti kuning, biru, atau warna pelangi. Karena pembiasan sinar matahari.


2. Sawah runtuh


Longsor di area persawahan di Dukuh Jabag, Desa Tumpak Pelem Sawo Ponorogo, viral. Dalam rekaman video berdurasi 30 detik, tampak tanah sawah longsor ke sungai. 


Salah satu warga mendokumentasikan kejadian tersebut, Alexa BPBD Sapto Jatmiko menerangkan kejadiannya sekitar pukul 7 WIB. 


Persawahan yang sudah ditanami padi itu pun longsor dengan membawa material lumpur. Material longsoran tanah bercampur air dan tanaman padi milik warga ini nyaris mengenai jembatan penghubung antar desa. 


Terekam video detik-detik tanah bergerak dari atas ke bawah. Tanah bercampur air hingga nyaris mengenai jembatan. 


Dalam video terlihat jelas material longsoran bercampur air dengan cepat bergerak dan terdengar suara kepanikan warga yang sedang melintas di jalan sekitar longsoran. 


Video longsoran tersebut viral di media sosial. Longsorannya kurang lebih sepanjang 60 meter, dengan lebar longsoran 10 meter. 


Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun petani mengalami kerugian karena gagal panen. 


3. Sungai berubah warna


Aneh sungai di Peru berubah warna menjadi merah darah. Hal yang tidak umum terjadi di Peru. 


Pasalnya Peru memiliki sungai yang berubah menjadi warna merah. Fenomena alam ini juga unik. Sungai tersebut berubah warna setiap tahun. Sungai ini memiliki lembah berhias bebatuan indah. 


Banyak yang mengira bahwa perubahan warna merupakan hasil foto atau hasil editan. Tak sedikit warganet yang beranggapan bahwa sungai ini adalah hasil karya dari aplikasi Photoshop.


Pada musim hujan yang berlangsung dari Desember hingga April perubahan warna merah di sungai itu terjadi karena pengaruh jumlah besar tanah yang kaya oksida besi di bawah turun dari pegunungan. [SB]

×